URGENSI PENGELOLAAN KELAS; SUATU ANALISIS FILOSOFIS DAN PEMAHAMAN DASAR BAGI KALANGAN PENDIDIK DI PESANTREN
Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
URGENSI PENGELOLAAN KELAS; SUATU ANALISIS FILOSOFIS DAN PEMAHAMAN DASAR BAGI KALANGAN PENDIDIK DI PESANTREN
|
|
Creator |
Djuwairiyah, Djuwairiyah
Nawafil, Moh. |
|
Description |
Abstract: technological development and globalization flow have got change rapidly from one sector to another sector. That matter becomes a vital indicator to Pesantren for upgrade and keeping the qualities of graduates. So that many efforts do to provide militant, integrity, clever, and creative cadres who can give a huge contribution to the development of Indonesia country. Lesson activity that made more active and communicative can stimulate student to have enthusiasm, motivation, and concentration to get the goal of learning. One of the important competencies that have to owned by teacher based on the two ways communication paradigm is class management. Class management is a systematic and structured effort to get the goal of learning activities. The urgency of class management for the teacher in pesantren caused it can provide student to get actual work in thinking, interaction, and argue abilities. Keywords: Class Management, Teacher, Pesantren. Abstrak: Perkembangan teknologi yang semakin cepat dan arus globalisasi yang tidak dapat dibendung lagi berimplikasi pada sistem penddidikan pesantren yang berkamuflase dari satu sektor menuju sektor yang lebih baik. Hal tersebut menjadi indikator penting akan perhatian pesantren terhadap out-come para lulusannya. Sehingga berbagai upaya dilakukan demi mempersiapkan kader-kader pesantren yang militan, cerdas, berintegritas, kreatif dan dapat memberikan kontribusi besar terhadap pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Aktivitas pembelajaran yang aktif dan komunikatif dapat merangsang peserta didik memiliki gairah, motivasi, semangat dan konsentrasi belajar guna mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Salah satu kompetensi vital yang harus dimiliki seorang guru untuk menciptakan aktivitas pembelajaran komunikatif-interaktif yang berlandaskan pada two ways communication adalah pengelolaan kelas. Pengelolaan kelas adalah sebuah usaha yang tersistematis dan terstruktur untuk mencapai tujuan tertentu dalam proses kegiatan pembelajaran. Urgensitas pengelolaan kelas bagi kalangan pendidik di pesantren sebab memiliki tujuan menjadikan setiap anak yang berada di dalam kelas dapat bekerja (berpikir, berinteraksi dan berpendapat) sehingga akan tercapai tujuan pengajaran secara efektif dan efisien. Kata Kunci: Pengelolaan Kelas, Pendidik, Pesantren. |
|
Publisher |
Fakultas Tarbiyah Universitas Ibrahimy
|
|
Date |
2021-01-22
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/edupedia/article/view/1091
10.35316/edupedia.v5i2.1091 |
|
Source |
Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam; Vol. 5 No. 2 (2021): Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam ; 114-123
2580-0884 2252-8164 10.35316/edupedia.v5i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/edupedia/article/view/1091/866
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 |
|