Pola Komunikasi Interpersonal Ustadzah Fatimah pada Siswi Madrasah Aliyah Putri dalam Membentuk Akhlak
maddah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pola Komunikasi Interpersonal Ustadzah Fatimah pada Siswi Madrasah Aliyah Putri dalam Membentuk Akhlak
|
|
Creator |
Uliana Uliana
Wisri Wisri A. Khairuddin |
|
Subject |
pola komunikasi interpersonal
akhlak |
|
Description |
Pola komunikasi interpersonal ialah interaksi tatap muka antar dua atau beberapa orang, di mana pengirim pesan dapat menyampaikan pesan secara langsung, dan penerima dapat menanggapi secara langsung pula. Sebagaimana yang dilakukan oleh Ustadzah Fatimah ketika berkomunikasi dengan siswi di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk pola komunikasi interpersonal Ustadzah Fatimah pada siswi Madrasah Aliyah putri dalam membentuk akhlak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data-data deskriptif berupa kata-kata terlulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang dapat diamati. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa bentuk komunikasi interpersonal Ustadzah Fatimah dalam membentuk akhlak siswi yakni dengan cara individu (linear), dan komunikasi dua arah (interaktif), komunikasi banyak arah (transaksional). Dengan komunikasi tersebut dapat membentuk akhlak siswi, seperti menghormati guru, tepat waktu ke sekolah, berpenampilan sederhana, dan memakai seragam salafi.
|
|
Publisher |
Dakwah Faculty of Universitas Ibrahimy Situbondo
|
|
Date |
2021-01-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/maddah/article/view/1130
|
|
Source |
maddah; Vol. 3 No. 1 (2021): Jurnal Komunikasi dan Konseling Islam; 25-31
2656-8101 2656-4238 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/maddah/article/view/1130/877
|
|