Pengaruh Penilaian Kinerja dan Kecerdasan Emosional Berdasarkan Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengaruh Penilaian Kinerja dan Kecerdasan Emosional Berdasarkan Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
|
|
Creator |
Biantoro, Nanly Ollyvia Putri Hestu
Kristanti, Febriana Mursyidah, Himmatul |
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penilaian kinerja siswa dan kecerdasan emosional siswa selama proses pembelajaran berdasarkan PjBL terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Sampel penelitian berada pada kelas VII-B SMP Muhammadiyah 10 Surabaya yang berjumlah 19 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes materi perbandingan, lembar observasi kinerja siswa, dan angket kecerdasan emosional. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) berdasarkan uji regresi linear sederhana variabel penilaian kinerja terhadap hasil belajar, diperoleh F hitung F tabel yaitu 4,632 4,45 , artinya terdapat pengaruh penilaian kinerja terhadap hasil belajar sebesar 42,5%; (2) berdasarkan uji regresi linear sederhana variabel kecerdasan emosional terhadap hasil belajar, diperoleh F hitung F tabel yaitu 5,733 4,45, artinya terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar sebesar 33,6%;(3) berdasarkan uji regresi linear berganda variabel penilaian kinerja dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar, diperoleh F hitung F tabel yaitu 3,672 3,59, artinya terdapat pengaruh penilaian kinerja dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar sebesar 60,7%.Kata kunci: kecerdasan emosional, penilaian kinerja, Project Based Learning (PjBL).
|
|
Publisher |
UIN Walisongo Semarang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-10-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/5257
10.21580/square.2020.2.2.5257 |
|
Source |
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education; Vol 2, No 2 (2020); 89-102
2714-5506 2714-609X 10.21580/square.2020.2.2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/5257/2903
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|