Record Details

Penerapan Model Pembelajaran Pair Check Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Model Pembelajaran Pair Check Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa
 
Creator Umam, Syaiful
Wahyuni, Arie
Hidayati, Destia Wahyu
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pembelajaran Pair Check berbasis Etomatematika dan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model konvensional. Pendekatan yang digunakan dalam peneitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Dawe Kudus tahun ajaran 2018/2019. Sampel yang diambil adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji T dengan sig (0,05) didapatkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen telah mencapai nilai ketuntasan 70 dan Rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas control yang menggunakan model pembelajaran konvensional.Kata Kunci : Pair Check, Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah 
 
Publisher UIN Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2019-12-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/4058
10.21580/square.2019.1.2.4058
 
Source Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education; Vol 1, No 2 (2019); 73-81
2714-5506
2714-609X
10.21580/square.2019.1.2
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/4058/2452
 
Rights Copyright (c) 2019 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0