Record Details

Analisis Kualitas Soal Ujian Statistika Menggunakan Classical Test Theory dan Rasch Model

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Kualitas Soal Ujian Statistika Menggunakan Classical Test Theory dan Rasch Model
 
Creator Fernanda, Jerhi Wahyu
Hidayah, Noer
 
Description Penilaian merupakan akhir dari proses pembelajaran yang dapat dilakukan melalui ujian. Soal yang digunakan harus mampu mengukur kemampuan peserta didik. Classical Test Theory (CTT) dan Rasch model merupakan analisis statistika untuk menganalis butir soal. Desain dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Hasil analisis terhadap 50 soal menggunakan metode CTT, didapatkan hasil bahwa hanya 21 soal yang memenuhi kriteria item difficulty dan item discriminant. Analisis Rasch model, memberikan informasi bahwa secara keseluruhan kualitas soal dikatakan baik berdasarkan pola kurva item information function. Analisis ini juga memberikan informasi terdapat 42 soal yang layak karena memenuhi kriteria item fit, dan 8 soal yang harus dievaluasi lagi. Analisis menggunakan Rasch model lebih baik dibandingan dengan CTT, sehingga 8 soal yang tidak layak berdasarkan analisis tersebut harus dievaluasi dengan mengubah bentuk studi kasus pada soal tersebut dan membuat inovasi metode pembelajaran terkait materi pada 8 soal tersebut.Kata kunci: analisis soal, Classical Test Theory, Rasch model.
 
Publisher UIN Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2020-04-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/5363
10.21580/square.2020.2.1.5363
 
Source Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education; Vol 2, No 1 (2020); 49-60
2714-5506
2714-609X
10.21580/square.2020.2.1
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/5363/2585
 
Rights Copyright (c) 2020 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0