Analisis Kualitas Soal Ujian Statistika Menggunakan Classical Test Theory dan Rasch Model
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Analisis Kualitas Soal Ujian Statistika Menggunakan Classical Test Theory dan Rasch Model
|
|
Creator |
Fernanda, Jerhi Wahyu
Hidayah, Noer |
|
Description |
Penilaian merupakan akhir dari proses pembelajaran yang dapat dilakukan melalui ujian. Soal yang digunakan harus mampu mengukur kemampuan peserta didik. Classical Test Theory (CTT) dan Rasch model merupakan analisis statistika untuk menganalis butir soal. Desain dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Hasil analisis terhadap 50 soal menggunakan metode CTT, didapatkan hasil bahwa hanya 21 soal yang memenuhi kriteria item difficulty dan item discriminant. Analisis Rasch model, memberikan informasi bahwa secara keseluruhan kualitas soal dikatakan baik berdasarkan pola kurva item information function. Analisis ini juga memberikan informasi terdapat 42 soal yang layak karena memenuhi kriteria item fit, dan 8 soal yang harus dievaluasi lagi. Analisis menggunakan Rasch model lebih baik dibandingan dengan CTT, sehingga 8 soal yang tidak layak berdasarkan analisis tersebut harus dievaluasi dengan mengubah bentuk studi kasus pada soal tersebut dan membuat inovasi metode pembelajaran terkait materi pada 8 soal tersebut.Kata kunci: analisis soal, Classical Test Theory, Rasch model.
|
|
Publisher |
UIN Walisongo Semarang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-04-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/5363
10.21580/square.2020.2.1.5363 |
|
Source |
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education; Vol 2, No 1 (2020); 49-60
2714-5506 2714-609X 10.21580/square.2020.2.1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/5363/2585
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|