Record Details

Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau dari Tipe Kepribadian Sanguinis dan Melancholis Siswa SMP

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau dari Tipe Kepribadian Sanguinis dan Melancholis Siswa SMP
 
Creator Rahmaningtyas, Farida
Purwati, Heni
Nugroho, Aryo Andri
 
Description Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis yang ditinjau dari tipe kepribadian sanguinis dan melancholis siswa SMP. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan pada siswa SMP Negeri 22 Semarang kelas VII F pada tahun ajaran 2019/2020. Fokus pemilihan subjek dalam penelitian ini yaitu pada tipe kepribadian sanguinis dan melancholis. Penilitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket tipe kepribadian, tes, wawancara serta dokumentasi untuk mengabadikan semua hal-hal penting yang dilakukan saat penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Validasi data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian dianalisis mengacu pada indikator kemampuan koneksi matematis yaitu: 1) menemukan hubungan dari berbagai representasi tentang konsep dan prosedur matematika; 2) memahami hubungan antar topik dalam matematika; 3) mampu menggunakan matematika dalam menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari. Hasil dari penilitian ini menunjukkan bahwa subjek sanguinis mampu memenuhi semua indikator dan subjek melancholis mampu memenuhi dua indikator yaitu indikator ke 1 dan 2.
 
Publisher UIN Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2021-10-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/8527
10.21580/square.2021.3.2.8527
 
Source Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education; Vol 3, No 2 (2021); 107-116
2714-5506
2714-609X
10.21580/square.2021.3.2
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/8527/3642
 
Rights Copyright (c) 2021 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0