Record Details

Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Self-Regulated Learning untuk Membangun Kemandirian Belajar Siswa

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Self-Regulated Learning untuk Membangun Kemandirian Belajar Siswa
 
Creator Putra, Dewa Putu Wiadnyana
 
Description Pendidikan karakter bagi siswa merupakan salah satu fokus utama dalam pegembangan kurikulum 2013. Kemandirian belajar merupakan salah satu karakter yang sangat penting untuk dibangun dalam diri siswa. Salah satu upaya sekolah dalam membangun kemandirian belajar siswa, yaitu dengan pembuatan tata tertib kelas dan sekolah yang harus ditaati oleh siswa. Selain itu, upaya pembangunan sikap mandiri pada siswa juga terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran. Upaya-upaya tersebut belum begitu optimal untuk membangun kemandirian belajar siswa. Peneliti mengidentifikasi dorongan-dorongan eksternal tidak cukup optimal dalam membangun kemandirian belajar siswa. Dorngan internal sangat diperlukan untuk mendukung dorongan eksternal dalam membanngun kemandirian belajar. Pada artikel ini akan dibahas desain pembelajaran matematika dengan pendekatan Self-Regulated Learning (SRL) untuk membangun kemandirian belajar siswa. Pada tahap awal, siswa diajak untuk membuat perencanaan,target dan identifikasi kesulitan dalam pembelajaran. Identifikasi hal-hal tersebut melahirkan konsep diri siswa yang ditindaklanjuti dengan pembuatan aturan diri pada setiap siswa. Aturan-aturan diri siswa kemudian diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran pada topik Relasi dan Fungsi. Penguatan integrasi topik pembelajaran dengan sikap kemandirian dirancang semakin eksplisit. Hasil pengembangan desain pembelajaran meliputi RPP dan LKPD dan lebar Refleksi. Aturan diri yang dibuat masing-masing siswa dapat membangun kemandirian siswa dalam belajar pada aspek inisiatif belajar, kemampuan diagonosis kebutuhan belajar dan pembangunan konsep diri.Kata Kunci : kemandirian belajar, karakter, self-regulated learning 
 
Publisher UIN Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2019-09-16
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/4121
10.21580/square.2019.1.1.4121
 
Source Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education; Vol 1, No 1 (2019); 49-54
2714-5506
2714-609X
10.21580/square.2019.1.1
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/4121/2317
 
Rights Copyright (c) 2019 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0