Record Details

Koneksi Matematis pada Pembelajaran Matematika Materi Logaritma Siswa Kelas X

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Koneksi Matematis pada Pembelajaran Matematika Materi Logaritma Siswa Kelas X
 
Creator Sugianto, Ika Ujiana
Qohar, Abd
 
Description Koneksi matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dimiliki siswa dalam belajar matematika. Dengan kemampuan koneksi, siswa dapat menghubungkan antar konsep matematika, antara konsep matematika dengan ilmu lain dan dengan dunia nyata. Artikel ini berisi hasil penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa dalam pembelajaran di kelas pada materi logaritma. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dalam bentuk observasi dan analisis pada pelaksanaan pembelajaran dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X SMAN Taruna Nala Malang sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi pada proses pembelajaran di kelas. Data hasil observasi kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan koneksi matematis yang baik pada saat proses pembelajaran berlangsung. Siswa dapat mengaitkan materi logaritma dengan materi matematika yang lain serta dapat mengaitkan materi matematika dengan suatu permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.Kata kunci: pembelajaran matematika, koneksi matematis, logaritma.
 
Publisher UIN Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2020-04-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/5323
10.21580/square.2020.2.1.5323
 
Source Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education; Vol 2, No 1 (2020); 82-88
2714-5506
2714-609X
10.21580/square.2020.2.1
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/5323/2625
 
Rights Copyright (c) 2020 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0