Record Details

Pemanfaatan Metode Kalman Filter Diskrit untuk Menduga Suhu Udara

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pemanfaatan Metode Kalman Filter Diskrit untuk Menduga Suhu Udara
 
Creator Tengger, Billy Arifa
Ropiudin, Ropiudin
 
Description Suhu adalah variabel fisik yang perlu diketahui secara tepat untuk penggunaan tertentu. Suhu adalah derajat panas dan dingin suatu benda. Derajat panas dan dingin ini dipengaruhi oleh enthalpi (energi) yang dimilki suatu zat. Pendugaan suhu udara dapat memberikan manfaat untuk aktivitas pada beberapa bidang, seperti: pertanian, peternakan, perikanan, kesehatan, dan kegiatan-kegiatan lainnya. Metode Kalman Filter Diskrit merupakan salah satu metode matematika yang dapat digunakan untuk menduga data di masa yang akan datang. Kalman Filter Diskrit memiliki keunggulan mampu menduga suatu kondisi berdasarkan data terbatas. Data pengukuran terbaru menjadi suatu bagian terpenting dalam algoritma Kalman Filter, karena data tersebut akan mengkoreksi data hasil pendugaan, sehingga hasil pendugaan selalu mendekati kondisi sesungguhnya. Berdasarkan hasil kajian yang telah dilakukan menggunakan metode Kalman Filter Diskrit untuk menduga suhu udara diperoleh ketepatan pendugaan nilai suhu udara di atas 95%. Pedugaan dilakukan secara harian dan bulanan. Dengan demikian Kalman Filter Diskrit mampu dan handal untuk pendugaan suhu udara secara harian, bulanan, bahkan tahunan.
 
Publisher UIN Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2019-12-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/4202
10.21580/square.2019.1.2.4202
 
Source Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education; Vol 1, No 2 (2019); 127-132
2714-5506
2714-609X
10.21580/square.2019.1.2
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/4202/2455
 
Rights Copyright (c) 2019 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0