Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Terhadap Model Pembelajaran MASTER (Motivating, Acquiring, Searching, Triggering, Exhibiting, Reflecting) dan Self Efficacy
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Terhadap Model Pembelajaran MASTER (Motivating, Acquiring, Searching, Triggering, Exhibiting, Reflecting) dan Self Efficacy
|
|
Creator |
Ardiani, Naziah Ulvah
Asrori, Achmad Nasution, Sri Purwati |
|
Description |
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MASTER terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik ditinjau dari self efficacy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Experimental Design dengan desain faktorial 2x3. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 1 Belitang Jaya. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan model pembelajaran MASTER, sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan model konvesional. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji Anova dua jalan. Berdasarkan hasil analisis dan perhitungan diperoleh hasil dengan kesimpulan: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran MASTER terhadap kemampuan koneksi matematis, (2) terdapat pengaruh self efficacy terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik, (3) tidak terdapat interaksi antara perlakuan model pembelajaran dan kategori self efficacy terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik
|
|
Publisher |
UIN Walisongo Semarang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-11-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/9324
10.21580/square.2021.3.2.9324 |
|
Source |
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education; Vol 3, No 2 (2021); 117-125
2714-5506 2714-609X 10.21580/square.2021.3.2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/9324/3643
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|