Record Details

Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Terhadap Model Pembelajaran MASTER (Motivating, Acquiring, Searching, Triggering, Exhibiting, Reflecting) dan Self Efficacy

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Terhadap Model Pembelajaran MASTER (Motivating, Acquiring, Searching, Triggering, Exhibiting, Reflecting) dan Self Efficacy
 
Creator Ardiani, Naziah Ulvah
Asrori, Achmad
Nasution, Sri Purwati
 
Description Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MASTER terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik ditinjau dari self efficacy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Experimental Design dengan desain faktorial 2x3. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 1 Belitang Jaya. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan model pembelajaran MASTER, sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan model konvesional. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji Anova dua jalan. Berdasarkan hasil analisis dan perhitungan diperoleh hasil dengan kesimpulan: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran MASTER terhadap kemampuan koneksi matematis, (2) terdapat pengaruh self efficacy terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik, (3) tidak terdapat interaksi antara perlakuan model pembelajaran dan kategori self efficacy terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik
 
Publisher UIN Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2021-11-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/9324
10.21580/square.2021.3.2.9324
 
Source Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education; Vol 3, No 2 (2021); 117-125
2714-5506
2714-609X
10.21580/square.2021.3.2
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/9324/3643
 
Rights Copyright (c) 2021 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0