Record Details

Pengaruh Hafalan Al-Qur'an Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa MTs

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Hafalan Al-Qur'an Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa MTs
 
Creator Adiwijayanti, Dewi Dwi
Purwati, Heni
Sugiyanti, Sugiyanti
 
Description Menghafal Al-Qur’an merupakan suatu proses mengingat, di mana seluruh materi ayat (rincian bagian-bagiannya seperti fonetik, waqaf, dan lain-lainnya) harus diingat secara sempurna. Salah satu manfaat menghafal Al-Qur’anadalah penguatan otak dimana mereka harus teliti dan jeli dalam membedakan ayat-ayat yang memiliki kemiripan redaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap prestasi belajar matematika siswa MTs. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs Yanbu’ul Qur’an 2 Muria tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, tes berupa tes tertulis prestasi belajar, dan non tes berupa lembar observasi hafalan Al-Qur’an. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara hafalan Al-Qur’an terhadap prestasi belajar matematika siswa MTs Yanbu’ul Qur’an 2 Muria, hal ini ditunjukkan dengan nilai r sebesar  dengan sumbangan efektif sebesar 34,7% sedangkan 65,3% ditentukan oleh faktor lain.Kata kunci : hafalan Al-Qur’an, prestasi belajar.
 
Publisher UIN Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2019-12-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/4771
10.21580/square.2019.1.2.4771
 
Source Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education; Vol 1, No 2 (2019); 109-116
2714-5506
2714-609X
10.21580/square.2019.1.2
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/4771/2438
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/downloadSuppFile/4771/643
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/downloadSuppFile/4771/644
 
Rights Copyright (c) 2019 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0