Pengaruh Hafalan Al-Qur'an Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa MTs
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengaruh Hafalan Al-Qur'an Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa MTs
|
|
Creator |
Adiwijayanti, Dewi Dwi
Purwati, Heni Sugiyanti, Sugiyanti |
|
Description |
Menghafal Al-Qur’an merupakan suatu proses mengingat, di mana seluruh materi ayat (rincian bagian-bagiannya seperti fonetik, waqaf, dan lain-lainnya) harus diingat secara sempurna. Salah satu manfaat menghafal Al-Qur’anadalah penguatan otak dimana mereka harus teliti dan jeli dalam membedakan ayat-ayat yang memiliki kemiripan redaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap prestasi belajar matematika siswa MTs. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs Yanbu’ul Qur’an 2 Muria tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, tes berupa tes tertulis prestasi belajar, dan non tes berupa lembar observasi hafalan Al-Qur’an. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara hafalan Al-Qur’an terhadap prestasi belajar matematika siswa MTs Yanbu’ul Qur’an 2 Muria, hal ini ditunjukkan dengan nilai r sebesar dengan sumbangan efektif sebesar 34,7% sedangkan 65,3% ditentukan oleh faktor lain.Kata kunci : hafalan Al-Qur’an, prestasi belajar.
|
|
Publisher |
UIN Walisongo Semarang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-12-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/4771
10.21580/square.2019.1.2.4771 |
|
Source |
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education; Vol 1, No 2 (2019); 109-116
2714-5506 2714-609X 10.21580/square.2019.1.2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/4771/2438
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/downloadSuppFile/4771/643 https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/downloadSuppFile/4771/644 |
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|