Prediksi Harga Saham Garuda Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19 Menggunakan Metode ARIMA
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Prediksi Harga Saham Garuda Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19 Menggunakan Metode ARIMA
|
|
Creator |
Rusyida, Wilda Yulia
Pratama, Versiandika Yudha |
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keakuratan metode ARIMA dalam melakukan peramalan atau prediksi harga saham harian PT. Garuda Indonesia, Tbk di tengah pandemi Covid-19. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder berupa data historis harga saham harian sejak 22 April 2019 sampai 20 April 2020. Dari hasil penelitian dengan menggunakan model ARIMA (3,1,2) menunjukkan bahwa data 22 April 2019 sampai 20 April 2020 dapat digunakan untuk memprediksi harga tutup saham 21 April 2020 sampai 13 Juli 2020. Model ARIMA terbaik yang diperoleh adalah ARIMA (3,1,2) dimana harga saham PT. Garuda Indonesia, Tbk hari ini dipengaruhi oleh satu hari perdagangan yang lalu. Prediksi harga saham harian PT. Garuda Indonesia, Tbk di Bursa Efek Indonesia dari 21 April 2020 sampai 13 Juli 2020 cenderung mengalami penurunan. Hal ini di duga karena investor cenderung menahan modalnya efek adanya kebijakan larangan mudik yang diterapkan pemerintah yang berimbas pada berhentinya operasional sektor penerbangan.Kata kunci: metode ARIMA, harga saham, Garuda Indonesia, Covid-19.
|
|
Publisher |
UIN Walisongo Semarang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-04-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/5626
10.21580/square.2020.2.1.5626 |
|
Source |
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education; Vol 2, No 1 (2020); 73-81
2714-5506 2714-609X 10.21580/square.2020.2.1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/5626/2596
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|