Karakteristik Solusi Dekomposisi QR dalam Aljabar Max-Plus Tersimetri
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Karakteristik Solusi Dekomposisi QR dalam Aljabar Max-Plus Tersimetri
|
|
Creator |
Ikhtiyar, Zakaria Bani
Saminanto, Saminanto Cahyono, Budi |
|
Description |
Kajian aljabar max-plus tersimetri hadir dari kondisi bahwa setiap elemen pada ℝ???????????? tidak memiliki invers terhadap operasi max. Aljabar max-plus tersimetri dibentuk dari pasangan berurutan elemen-elemen di ℝ????????????. Pembentukan aljabar max-plus tersimetri ini memunculkan kelas positif, kelas negatif, kelas nol, dan kelas himpunan baru, yakni kelas balance. Penelitian ini berfokus pada pencarian karakteristik solusi dekomposisi QR dalam aljabar max-plus tersimetri dengan beberapa entri matriks awal yang akan didekomposisi merupakan anggota kelas balance. Dekomposisi QR merupakan salah satu dekomposisi matriks, yaitu dekomposisi suatu matriks persegi panjang ???? berukuran m × n menjadi perkalian matriks ortogonal ???? berukuran m × m dengan matriks segitiga atas ???? berukuran m × n. Secara umum, dekomposisi ini dapat digunakan dalam aljabar konvensional. Penelitian ini menjelaskan dekomposisi QR jika dipunyai matriks dengan entri-entri elemen balance di aljabar max-plus tersimetri.Kata Kunci: dekomposisi QR, aljabar max-plus, aljabar max-plus tersimetri, dekomposisi QR dalam aljabar max-plus tersimetri
|
|
Publisher |
UIN Walisongo Semarang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-12-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/4135
10.21580/square.2019.1.2.4135 |
|
Source |
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education; Vol 1, No 2 (2019); 143-148
2714-5506 2714-609X 10.21580/square.2019.1.2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/4135/2391
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|