Record Details

Karakteristik Solusi Dekomposisi QR dalam Aljabar Max-Plus Tersimetri

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Karakteristik Solusi Dekomposisi QR dalam Aljabar Max-Plus Tersimetri
 
Creator Ikhtiyar, Zakaria Bani
Saminanto, Saminanto
Cahyono, Budi
 
Description Kajian aljabar max-plus tersimetri hadir dari kondisi bahwa setiap elemen pada ℝ???????????? tidak memiliki invers terhadap operasi max. Aljabar max-plus tersimetri dibentuk dari pasangan berurutan elemen-elemen di ℝ????????????. Pembentukan aljabar max-plus tersimetri ini memunculkan kelas positif, kelas negatif, kelas nol, dan kelas himpunan baru, yakni kelas balance. Penelitian ini berfokus pada pencarian karakteristik solusi dekomposisi QR dalam aljabar max-plus tersimetri dengan beberapa entri matriks awal yang akan didekomposisi merupakan anggota kelas balance. Dekomposisi QR merupakan salah satu dekomposisi matriks, yaitu dekomposisi suatu matriks persegi panjang ???? berukuran m × n menjadi perkalian matriks ortogonal ???? berukuran m × m dengan matriks segitiga atas ???? berukuran m × n. Secara umum, dekomposisi ini dapat digunakan dalam aljabar konvensional. Penelitian ini menjelaskan dekomposisi QR jika dipunyai matriks dengan entri-entri elemen balance di aljabar max-plus tersimetri.Kata Kunci: dekomposisi QR, aljabar max-plus, aljabar max-plus tersimetri, dekomposisi QR dalam aljabar max-plus tersimetri
 
Publisher UIN Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2019-12-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/4135
10.21580/square.2019.1.2.4135
 
Source Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education; Vol 1, No 2 (2019); 143-148
2714-5506
2714-609X
10.21580/square.2019.1.2
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/4135/2391
 
Rights Copyright (c) 2019 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0