Record Details

Analisis Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Pemanfaatan Teknologi Digital Siswa

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Pemanfaatan Teknologi Digital Siswa
 
Creator Rosida, Erika Nur
Kurniati, Lenny
Kusumawati, Ratih
 
Description Perkembangan teknologi dewasa ini semakin berkembang pesat khususnya teknologi ditigal. Teknologi digital sudah memasuki berbagai aspek kehidupan khususnya bidang pendidikan. Hasil survei Global Digital Report tahun 2018 Indonesia menempati urutan keempat penggunaan internet tetapi pada hasil survei PISA tahun 2015 Indonesia justru  menduduki peringkat 63 dari 70 negara. Tujuan penelitian  ini (1) Mengetahui tingkat pemanfaatan teknologi digital siswa, (2) Mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa dan (3) Mengetahui pengaruh teknologi digital terhadap kinerja siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian  ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian munjukkan tidak ada siswa yang memanfaatkan teknologi digital dalam  kategori rendah dan sebagian besar siswa mampu menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Hasil output SPSS menunjukkan kedua variabel mempunyai hubungan yang positif dan variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) tidak ada siswa yang pemanfaatan teknologinya tergolong rendah, (2) kemampuan pemecahan masalah siswa sudah cukup baik, (3) pemanfaatan teknologi digital yang baik maka akan berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah menjadi baik pula.Kata Kunci : pemanfaatan teknologi digital, kemampuan pemecahan masalah
 
Publisher UIN Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2019-10-08
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/4089
10.21580/square.2019.1.1.4089
 
Source Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education; Vol 1, No 1 (2019); 33-39
2714-5506
2714-609X
10.21580/square.2019.1.1
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/4089/2443
 
Rights Copyright (c) 2019 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0