Record Details

Kesulitan Belajar Materi Pecahan Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Gamping

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Kesulitan Belajar Materi Pecahan Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Gamping
 
Creator Wahyuningsih, Siti
Istiandaru, Afit
 
Description Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesulitan belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Gamping pada materi pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan belajar yang dialami oleh siswa pada materi pecahan. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Peneliti mengumpulkan data mengggunakan tes diagnostik pada materi pecahan, angket, dan wawancara. Selanjutnya, data diolah menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesulitan siswa dalam menjawab soal tes diagnostik masih tinggi, yaitu sebanyak 83,33% siswa memberikan jawaban yang salah. Kategorisasi kesulitan belajar yang ditemukan adalah: (1) kesulitan menggunakan pengetahuan faktual dan memahami soal cerita (64,29%), (2) kesulitan menggunakan pengetahuan konseptual (83,33%), (3) kesulitan dalam keterampilan berhitung (59,52%), dan (4) kesulitan menggunakan pengetahuan prosedural (28,58%). Hasil wawancara juga mengungkap bahwa faktor yang menyebabkan kesulitan belajar adalah: (1) kurangnya pemahaman pada konteks soal (soal cerita) dan (2) kurang terampil dalam berhitung pecahan.
 
Publisher UIN Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2021-10-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/8222
10.21580/square.2021.3.2.8222
 
Source Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education; Vol 3, No 2 (2021); 99-106
2714-5506
2714-609X
10.21580/square.2021.3.2
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/8222/3641
 
Rights Copyright (c) 2021 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0