Record Details

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik pada Pokok Bahasan Tabung untuk SMP Negeri 2 Nanga Taman Kelas IX

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik pada Pokok Bahasan Tabung untuk SMP Negeri 2 Nanga Taman Kelas IX
 
Creator Yupinus, Lusius
Ichsan, Ichsan
Ardiawan, Yadi
 
Description Tujuan dalam penelitian pengembangan ini adalah untuk mendapatkan desain pengembangan perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LKS dengan pendekatan matematika realistik pada pokok bahasan tabung untuk SMP Negeri 2 Nanga Taman kelas IX. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik pada pokok bahasan tabung. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D yang meliputi define, design, develop, dan dissemination. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru matematika perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid dengan rata-rata total skor 190,33 untuk RPP dan 297,5 untuk LKS. Berdasarkan pada hasil pengisian angket respon siswa dan angket respon guru dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kriteria sangat praktis dalam penggunaannya dengan rata-rata total skor 91,1 untuk angket respon siswa dan jumlah 84 untuk angket respon guru. Sedangkan, berdasarkan pada hasil pengisian observasi keterlaksanaan pembelajaran dan hasil tes evaluasi hasil belajar dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki tingkat keefektifan yang yang sangat baik dengan persentase keterlaksanaan pembelajaran 94,87% dan persentase ketuntasan siswa 95 %.Kata kunci: matematika realistik, perangkat pembeljaran, tabung.
 
Publisher UIN Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2020-04-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/5380
10.21580/square.2020.2.1.5380
 
Source Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education; Vol 2, No 1 (2020); 61-72
2714-5506
2714-609X
10.21580/square.2020.2.1
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/5380/2587
 
Rights Copyright (c) 2020 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0