Record Details

Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar
 
Creator K, Ilham
Jahring, Jahring
Subawo, Made
 
Description Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu indikator untuk mengetahui hail belajar matematika siswa. Jika kemampuan komunikasi matematis baik, maka besar kemungkinan hasil belajar matematika pun baik. Namun berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 1 Mawasangka tengah, bahwa kemampuan komunikasi siswanya belum optimal. Salah satu faktor penyebabnya adalah gaya belajar siswa. Beberapa penelitian tentang kemampuan komunikasi matematis siswa belum ada yang meninjau dari sudut pandang gaya belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan gaya belajar (visual, auditroy, read/write, kinestetic). Indikator gaya belajar dalam penelitian ini adalah indikator yang dikembangkan oleh Fleaming yang meliputi gaya belajar unimodal (V,A,R,K), bimodal (VK, RK, VA, VR), trimodal (ARK, VRK, VAK, VAK), dan quadmodal (VARK). Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian sebanyak 52 orang siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mawasangka Tengah. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan soal tes kemampuan komunikasi matematis dan kuisioner gaya belajar, selanjutnya dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar, termasuk dalam kategori sedang, baik pada unimodal, bimodal, trimodal, maupun quadmodal.Kata kunci: komunikasi matematis, gaya belajar, unimodal, bimodal, trimodal, quadmodal.
 
Publisher UIN Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2021-04-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/7704
10.21580/square.2021.3.1.7704
 
Source Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education; Vol 3, No 1 (2021); 56-65
2714-5506
2714-609X
10.21580/square.2021.3.1
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/7704/3322
 
Rights Copyright (c) 2021 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0