Record Details

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Kontruktivisme terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Kontruktivisme terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa
 
Creator Tahir, Tahir
Marniati, Marniati
 
Description Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar matematika siswa antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan kontruktivisme dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkontrol. Hasil penelitian diuji menggunakan uji hipotesis untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan kontruktivisme dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Selain itu juga digunakan analisis statistik deskriptif untuk melihat perubahan sebelum dan sesudah perlakuan. Dari hasil penelitian menggunakan uji hipotesis dan analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan kontruktivisme dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan kontruktivisme dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa sehingga terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan kontruktivisme dan kelompok siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.Kata kunci : discovery learning, kontruktivisme
 
Publisher UIN Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2019-09-16
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/4021
10.21580/square.2019.1.1.4021
 
Source Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education; Vol 1, No 1 (2019); 1-11
2714-5506
2714-609X
10.21580/square.2019.1.1
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/4021/2311
 
Rights Copyright (c) 2019 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0