Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Kontruktivisme terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Kontruktivisme terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa
|
|
Creator |
Tahir, Tahir
Marniati, Marniati |
|
Description |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar matematika siswa antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan kontruktivisme dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkontrol. Hasil penelitian diuji menggunakan uji hipotesis untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan kontruktivisme dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Selain itu juga digunakan analisis statistik deskriptif untuk melihat perubahan sebelum dan sesudah perlakuan. Dari hasil penelitian menggunakan uji hipotesis dan analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan kontruktivisme dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan kontruktivisme dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa sehingga terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan kontruktivisme dan kelompok siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.Kata kunci : discovery learning, kontruktivisme
|
|
Publisher |
UIN Walisongo Semarang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-09-16
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/4021
10.21580/square.2019.1.1.4021 |
|
Source |
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education; Vol 1, No 1 (2019); 1-11
2714-5506 2714-609X 10.21580/square.2019.1.1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/4021/2311
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|