Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Sikap Mandiri dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Bakalrejo 1
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Sikap Mandiri dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Bakalrejo 1
|
|
Creator |
Safitri, Erika Muninggar
Sari, Yunita Dewi, Rida Fironika Kusuma |
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap sikap mandiri siswa kelas V SD Negeri Bakalrejo 1; (2) Aapakah ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas V SD Negeri Bakalrejo 1; dan (3) apakah ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap sikap mandiri dan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas V SD Negeri Bakalrejo 1. Jenis penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Hasil perhitungan hipotesis I menggunakan rumus independent sample t test nilai perhitungan menggunakan SPSS 16 dengan nilai signifikansi pada kolom sig.(2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti model problem based learning berpengruh terhadap sikap mandiri siswa. Hipotesis II menggunakan rumus independent sample t test nilai perhitungan menggunakan SPSS 16 dengan nilai signifikansi pada kolom sig.(2-tailed) sebesar 0,000 berarti ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Hasil perhitungan hipotesis III menggunakan uji manova menunjukkan bahwa hasil analisis untuk Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace,Roy's Largest Root semuanya menunjukkan nilai sebesar 0,000 karena signifikansi kurang dari 0,05 berarti ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap sikap mandiri dan kemampuan komunikasi matematika siswa siswa kelas V SD Negeri Bakalrejo 1.Kata Kunci : model problem based learning, kemampuan komunikasi matematika, sikap mandiri siswa.
|
|
Publisher |
UIN Walisongo Semarang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-12-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/4063
10.21580/square.2019.1.2.4063 |
|
Source |
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education; Vol 1, No 2 (2019); 83-89
2714-5506 2714-609X 10.21580/square.2019.1.2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/4063/2336
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|