Record Details

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Sikap Mandiri dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Bakalrejo 1

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Sikap Mandiri dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Bakalrejo 1
 
Creator Safitri, Erika Muninggar
Sari, Yunita
Dewi, Rida Fironika Kusuma
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap sikap mandiri siswa kelas V SD Negeri Bakalrejo 1; (2) Aapakah ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas V SD Negeri Bakalrejo 1; dan (3) apakah ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap sikap mandiri dan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas V SD Negeri Bakalrejo 1. Jenis penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Hasil perhitungan hipotesis I menggunakan rumus independent sample t test nilai perhitungan menggunakan SPSS 16 dengan nilai signifikansi pada kolom sig.(2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti model problem based learning berpengruh terhadap sikap mandiri siswa. Hipotesis II menggunakan rumus independent sample t test nilai perhitungan menggunakan SPSS 16 dengan nilai signifikansi pada kolom sig.(2-tailed) sebesar 0,000 berarti ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Hasil perhitungan hipotesis III menggunakan uji manova menunjukkan bahwa hasil analisis untuk Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace,Roy's Largest Root semuanya menunjukkan nilai sebesar 0,000 karena signifikansi kurang dari 0,05 berarti ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap sikap mandiri dan kemampuan komunikasi matematika siswa siswa kelas V SD Negeri Bakalrejo 1.Kata Kunci : model problem based learning, kemampuan komunikasi matematika, sikap mandiri siswa.
 
Publisher UIN Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2019-12-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/4063
10.21580/square.2019.1.2.4063
 
Source Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education; Vol 1, No 2 (2019); 83-89
2714-5506
2714-609X
10.21580/square.2019.1.2
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/4063/2336
 
Rights Copyright (c) 2019 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0