Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Metode Studi Kasus Terintegrasi Nilai Islam
Bioeduca : Journal of Biology Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Metode Studi Kasus Terintegrasi Nilai Islam
|
|
Creator |
Saftina, Inna
Muttaqien, Muhammad Hadiansah, Hadiansah |
|
Subject |
bahan ajar; integrasi; nilai Islam
|
|
Description |
Hasil wawancara di salah satu MA swasta di kota Bandung, menunjukkan bahwa sumber belajar yang mampu mengintegrasikan materi umum dengan nilai-nilai keislaman sangat dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar berbasis metode studi kasus terintegrasi nilai Islam pada materi sistem gerak manusia. Metode penelitian menggunakan RD dengan model 4D yang dibatasi sampai pada 3D (define, design, develop). Subjek penelitian terdiri dari 20 peserta didik kelas XI MIA MA Al-Jawami Bandung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan uji validasi ahli materi, media dan guru mata pelajaran, serta angket uji keterbacaan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan kategori sangat layak berdasarkan uji validasi dengan persentase rata-rata 89%. Bahan ajar diujicobakan secara terbatas dengan hasil uji coba termasuk kategori sangat layak dengan persentase 95%. Presentase keseluruhan bahan ajar tersebut yakni 92%, artinya bahan ajar yang dikembangkan dinilai sangat layak untuk digunakan sebagai sumber belajar peserta didik di MA.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-09-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/6632
10.21580/bioeduca.v3i2.6632 |
|
Source |
Bioeduca : Journal of Biology Education; Vol 3, No 2 (2021): Bioeduca : Journal of Biology Education; 135-145
2715-7490 2714-8009 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/6632/3660
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Bioeduca : Journal of Biology Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|