Analisis Potensi Penerapan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) pada Kurikulum 2013 Bidang Studi Biologi SMA Kelas X
Bioeduca : Journal of Biology Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Analisis Potensi Penerapan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) pada Kurikulum 2013 Bidang Studi Biologi SMA Kelas X
|
|
Creator |
Halim, Amalia Prabandani
Roshayanti, Fenny |
|
Subject |
STEAM; Kurikulum 2013; Biologi
|
|
Description |
STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) adalah pendekatan pembelajaran yang menggabungkan 5 aspek yaitu sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika yang dapat diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu. Pendekatan STEAM sangat popular dimasa sekarang, sehingga dengan adanya penelitian ini diharapkan proses pembelajaran dapat dilaksakan menggunakan pendekatan STEAM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi penerapan STEAMĀ pada Kurikulum 2013 Bidang Studi Biologi SMA Kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian perangkat Kurikulum 2013 yaitu Kompetensi Dasar Bidang Studi Bioligi SMA Kelas X dan buku teks yang digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum 2013 cukup berpotensi untuk diterapkan STEAM. Fakta tersebut dapat dikembangkan dan diintegrasikan dengan pendekatan STEAM sehingga mampu meningkatkan dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki oleh setiap peserta didik.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-09-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/6756
10.21580/bioeduca.v3i2.6756 |
|
Source |
Bioeduca : Journal of Biology Education; Vol 3, No 2 (2021): Bioeduca : Journal of Biology Education; 146-159
2715-7490 2714-8009 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/6756/3663
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Bioeduca : Journal of Biology Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|