Record Details

Analisis Potensi Penerapan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) pada Kurikulum 2013 Bidang Studi Biologi SMA Kelas X

Bioeduca : Journal of Biology Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Potensi Penerapan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) pada Kurikulum 2013 Bidang Studi Biologi SMA Kelas X
 
Creator Halim, Amalia Prabandani
Roshayanti, Fenny
 
Subject STEAM; Kurikulum 2013; Biologi
 
Description STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) adalah pendekatan pembelajaran yang menggabungkan 5 aspek yaitu sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika yang dapat diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu. Pendekatan STEAM sangat popular dimasa sekarang, sehingga dengan adanya penelitian ini diharapkan proses pembelajaran dapat dilaksakan menggunakan pendekatan STEAM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi penerapan STEAMĀ  pada Kurikulum 2013 Bidang Studi Biologi SMA Kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian perangkat Kurikulum 2013 yaitu Kompetensi Dasar Bidang Studi Bioligi SMA Kelas X dan buku teks yang digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum 2013 cukup berpotensi untuk diterapkan STEAM. Fakta tersebut dapat dikembangkan dan diintegrasikan dengan pendekatan STEAM sehingga mampu meningkatkan dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki oleh setiap peserta didik.
 
Publisher Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2021-09-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/6756
10.21580/bioeduca.v3i2.6756
 
Source Bioeduca : Journal of Biology Education; Vol 3, No 2 (2021): Bioeduca : Journal of Biology Education; 146-159
2715-7490
2714-8009
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/6756/3663
 
Rights Copyright (c) 2021 Bioeduca : Journal of Biology Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0