Record Details

Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Ketersediaan dan Pemanfaatan Fasilitas Laboratorium IPA Terhadap Motivasi Belajar IPA-Biologi Siswa Kelas VIII

Bioeduca : Journal of Biology Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Ketersediaan dan Pemanfaatan Fasilitas Laboratorium IPA Terhadap Motivasi Belajar IPA-Biologi Siswa Kelas VIII
 
Creator Fadhilah, Nila
Kusrinah, Kusrinah
Rizqianti, Anif
 
Subject laboratorium; motivasi belajar; persepsi.
 
Description Salah satu fasilitas yang mendukung proses pembelajaran IPA adalah laboratorium IPA. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendreskripsikan pengaruh persepsi siswa tentang ketersediaan dan pemanfataan fasilitas laboratorium IPA terhadap motivasi belajar IPA-Biologi kelas VIII MTs Negeri 1 Kendal Tahun 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Asosiatif. Metode pengambilan sampel yang adalah Simple Random Sampling dengan jumlah resonden 30. Teknik pengumpulan data dengan metode angket. Data dianalisis dengan regresi linier ganda dengan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 1,81955321 sedangkan  taraf signifikan 5% adalah 3,28. Artinya tidak ada pengaruh ketersediaan dan pemanfaatan fasilitas laboratorium IPA terhadap motivasi belajar IPA-Biologi. Nilai kontribusi pengaruh persepsi siswa tentang ketersediaan dan permanfaatan fasilitas laboratorium IPA terhadap motivasi belajar IPA-Biologi sebesar 11,87% sedangkan 88,12 % ditentukan oleh faktor lain berupa faktor internal dan eksternal. Faktor internal diantaranya yaitu kebutuhan belajar, harapan, cita-cita, dan minat sedangkan faktor eksternal berupa dorongan keluarga, lingkungan, imbalan.
 
Publisher Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2020-01-08
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/4944
10.21580/bioeduca.v1i1.4944
 
Source Bioeduca : Journal of Biology Education; Vol 1, No 1 (2019): Bioeduca : Journal of Biology Education; 38-45
2715-7490
2714-8009
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/4944/2369
 
Rights Copyright (c) 2019 Bioeduca : Journal of Biology Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0