Analisis Permasalahan Guru dan Siswa Terhadap Model Pembelajaran Graphic Organizer dan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar
Bioeduca : Journal of Biology Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Analisis Permasalahan Guru dan Siswa Terhadap Model Pembelajaran Graphic Organizer dan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar
|
|
Creator |
Sumartijah, Sumartijah
Maasawet, Elsje Theodora Boleng, Didimus Tanah |
|
Subject |
analisis permasalahan; hasil belajar; model pembelajaran; metode penelitian.
|
|
Description |
Fungsi pendidikan adalah menyiapkan peserta didik melalui proses yang berlangsung sebelum peserta didik itu siap bekerja di kehidupan nyata. Tujuan penelitian adalah mengetahui permasalahan guru dan siswa pada model pembelajaran Graphic Organizer terhadap berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas X berjumlah 60 orang. Penelitian dilakukan di SMAN 8 Samarinda. Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). Hasil angket yang dilakukan terhadap siswa siswi menunjukkan bahwa 50,00% masih kurang dalam berpikir kreatif pada saat proses pembelaran biologi di kelas. Sedangkan 60,00% hasil belajar siswa masih dibawah rata-rata, Perangkat pembelajaran yang dimiliki kurang lengkap.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-10-19
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/5837
10.21580/bioeduca.v2i2.5837 |
|
Source |
Bioeduca : Journal of Biology Education; Vol 2, No 2 (2020): Bioeduca : Journal of Biology Education; 67 - 72
2715-7490 2714-8009 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/5837/2883
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Bioeduca : Journal of Biology Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|