Komparasi Motivasi Belajar Siswa Materi Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah Melalui Metode Everyone Is Teacher Here dan Guided Note Taking
Bioeduca : Journal of Biology Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Komparasi Motivasi Belajar Siswa Materi Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah Melalui Metode Everyone Is Teacher Here dan Guided Note Taking
|
|
Creator |
Nur Safitri, Uli
Khoiri, Nur Hariz, Anif Rizqianti |
|
Subject |
metode pembelajaran; motivasi belajar.
|
|
Description |
Permasalahan yang sering terjadi di kelas adalah kurangnya motivasi belajar siswa dan variasi metode pembelajaran yang dipakai oleh guru dalam proses pembelajaran biologi. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan kriteria motivasi belajar siswa pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah dan menganalisis perbedaan motivasi belajar siswa menggunakan metode everyone is teacher here dan guided note taking pada kelas X MAN 1 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental. Hasil skor motivasi belajar melalui metode everyone is teacher here yaitu 73,97 sedangkan melalui metode guided note taking sebesar 69,81. Berdasarkan analisisĀ uji t diketahui thitung sebesar 2.3315 dan ttabel 1,666 sehingga dapat disimpulan Ha diterima karena thitung ttabel.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-07-06
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/5995
10.21580/bioeduca.v2i1.5995 |
|
Source |
Bioeduca : Journal of Biology Education; Vol 2, No 1 (2020): Bioeduca : Journal of Biology Education; 9 - 15
2715-7490 2714-8009 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/5995/2706
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Bioeduca : Journal of Biology Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|