Record Details

Komparasi Motivasi Belajar Siswa Materi Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah Melalui Metode Everyone Is Teacher Here dan Guided Note Taking

Bioeduca : Journal of Biology Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Komparasi Motivasi Belajar Siswa Materi Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah Melalui Metode Everyone Is Teacher Here dan Guided Note Taking
 
Creator Nur Safitri, Uli
Khoiri, Nur
Hariz, Anif Rizqianti
 
Subject metode pembelajaran; motivasi belajar.
 
Description Permasalahan yang sering terjadi di kelas adalah kurangnya motivasi belajar siswa dan variasi metode pembelajaran yang dipakai oleh guru dalam proses pembelajaran biologi. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan kriteria motivasi belajar siswa pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah dan menganalisis perbedaan motivasi belajar siswa menggunakan metode everyone is teacher here dan guided note taking pada kelas X MAN 1 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental. Hasil skor motivasi belajar melalui metode everyone is teacher here yaitu 73,97 sedangkan melalui metode guided note taking sebesar 69,81. Berdasarkan analisisĀ uji t diketahui thitung sebesar 2.3315 dan ttabel 1,666 sehingga dapat disimpulan Ha diterima karena thitung ttabel.
 
Publisher Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2020-07-06
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/5995
10.21580/bioeduca.v2i1.5995
 
Source Bioeduca : Journal of Biology Education; Vol 2, No 1 (2020): Bioeduca : Journal of Biology Education; 9 - 15
2715-7490
2714-8009
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/5995/2706
 
Rights Copyright (c) 2020 Bioeduca : Journal of Biology Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0