Record Details

Kunci Tadabbbur dan Integrasi Al-Qur’an dalam Pembelajaran Biologi

Bioeduca : Journal of Biology Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Kunci Tadabbbur dan Integrasi Al-Qur’an dalam Pembelajaran Biologi
 
Creator Ahmad, Mujahidin
Minarno, Eko Budi
Suyono, Suyono
 
Subject al-qur’an; dogma empiris; model integrasi; inspirasi; konfirmasi
 
Description Islam sebagai agama yang sempurna (din-al kamil) dan universal (din-asy syamil) selalu menarik dijadikan sebagai sumber inspirasi pemikiran. Hal ini karena Al-Qur’an tidak hanya mengatur aspek hubungan manusia dengan tuhannya namun juga termasuk mengatur hubungannya dengan sesama makhluk. Upaya pendekatan hubungan antara sains dan al-quran khusunya biologi adalah sebuah upaya implementasi sains dalam kehidupan sehari hari terutama sebagai masyarakat yang religius. Diharapkan dengan adanya pengenalan model baru dapat memudahkan upaya integrasi Al-Qur’an dalam pembelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah telaah pustaka. Dalam pembelajaran Biologi, integrasi Sains-Islam dapat dilakukan dengan tiga macam model pendekatan yaitu; Model Integrasi Al-Qur’an sebagai Sumber Inspirasi, Konfirmasi dan Dogma-empiris. Ketiga model pendekatan dapat dijalankan secara simultan dalam proses pembelajaran Biologi.
 
Publisher Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2020-10-19
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/6319
10.21580/bioeduca.v2i2.6319
 
Source Bioeduca : Journal of Biology Education; Vol 2, No 2 (2020): Bioeduca : Journal of Biology Education; 101 - 114
2715-7490
2714-8009
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/6319/2884
 
Rights Copyright (c) 2020 Bioeduca : Journal of Biology Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0