Analisis Kualitas Soal UAS Biologi SMA Kelas X dan XI MIA
Bioeduca : Journal of Biology Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Analisis Kualitas Soal UAS Biologi SMA Kelas X dan XI MIA
|
|
Creator |
Sapitri, Amelia
Kurniati, Tuti Yuliawati, Asri |
|
Subject |
Analisis Empiris; Analisis Teoritis; Kualitas Soal
|
|
Description |
Analisis soal memiliki peranan penting dalam mendapatkan kualitas butir soal yang baik untuk dijadikan sebagai alat evaluasi. Namun, fenomena yang terjadi banyak guru yang belum menganalisis kualitas soal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas soal UAS Biologi kelas X dan XI MIA SMA Negeri 1 Terusan Nunyai berdasarkan analisis teoritis dan empiris. Metode yang digunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasilnya kualitas soal kelas X berdasarkan analisis teoritis 32% baik, 20% sangat baik, 12% sedang, 28% kurang baik, dan 8% tidak baik. Sedangkan kelas XI 52% sangat baik, 36% baik, 4% kurang baik, dan 8% tidak baik. Kualitas butir soal kelas X berdasarkan analisis empiris 48% sedang, 20% kurang baik, 16% tidak baik, dan 16% baik. Pada kelas XI 32% baik, 24% kurang baik, 20% sedang,12% sangat baik, dan 12% tidak baik. Level kognitif yang digunakan kelas X C1 dan C2, serta kelas XI C1,C2,C3,dan C4. Mayoritas kualitas soal kelas X secara teoritis merupakan soal yang baik dan secara empiris sedang, serta mayoritas kualitas soal kelas XI secara teoritis sangat baik dan secara empiris baik.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2022-03-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/8433
10.21580/bioeduca.v4i1.8433 |
|
Source |
Bioeduca : Journal of Biology Education; Vol 4, No 1 (2022): Bioeduca : Journal of Biology Education; 45 - 56
2715-7490 2714-8009 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/8433/3990
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Bioeduca : Journal of Biology Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|