Record Details

Analisis Kualitas Soal UAS Biologi SMA Kelas X dan XI MIA

Bioeduca : Journal of Biology Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Kualitas Soal UAS Biologi SMA Kelas X dan XI MIA
 
Creator Sapitri, Amelia
Kurniati, Tuti
Yuliawati, Asri
 
Subject Analisis Empiris; Analisis Teoritis; Kualitas Soal
 
Description Analisis soal memiliki peranan penting dalam mendapatkan kualitas butir soal yang baik untuk dijadikan sebagai alat evaluasi. Namun, fenomena yang terjadi banyak guru yang belum menganalisis kualitas soal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas soal UAS Biologi kelas X dan XI MIA SMA Negeri 1 Terusan Nunyai berdasarkan analisis teoritis dan empiris. Metode yang digunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasilnya kualitas soal kelas X berdasarkan analisis teoritis 32% baik, 20% sangat baik, 12% sedang, 28% kurang baik, dan 8% tidak baik. Sedangkan kelas XI 52% sangat baik, 36% baik, 4% kurang baik, dan 8% tidak baik. Kualitas butir soal kelas X berdasarkan analisis empiris 48% sedang, 20% kurang baik, 16% tidak baik, dan 16% baik. Pada kelas XI 32% baik, 24% kurang baik, 20% sedang,12% sangat baik, dan 12% tidak baik. Level kognitif yang digunakan kelas X C1 dan C2, serta kelas XI C1,C2,C3,dan C4. Mayoritas kualitas soal kelas X secara teoritis merupakan soal yang baik dan secara empiris sedang, serta mayoritas kualitas soal kelas XI secara teoritis sangat baik dan secara empiris baik.
 
Publisher Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2022-03-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/8433
10.21580/bioeduca.v4i1.8433
 
Source Bioeduca : Journal of Biology Education; Vol 4, No 1 (2022): Bioeduca : Journal of Biology Education; 45 - 56
2715-7490
2714-8009
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/8433/3990
 
Rights Copyright (c) 2022 Bioeduca : Journal of Biology Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0