Pengaruh Strategi Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa
Bioeduca : Journal of Biology Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengaruh Strategi Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa
|
|
Creator |
Husna, Lailatul
Tanjung, Indayana Febriani Hasibuan, Eka Khairani |
|
Subject |
Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Strategi Rotating Trio Exchange
|
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan berbentuk non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pretest-posttest dan lembar observasi. Dalam penelitian ini diketahui bahwa terdapat pengaruh strategi Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap aktivitas yang dibuktikan dengan rata-rata nilai persentase aktivitas belajar siswa dalam kategori baik. Sedangkan dikelas kontrol rata-rata nilai persentase aktivitas belajar siswa dalam kategori cukup. Adapun hasil belajar yang diperoleh sebesar 55.95 (pretest) dan 90.00 (posttest) untuk kelas eksperimen dan rata-rata hasil belajar dikelas kontrol yaitu 53.33 (pretest) dan 84.76 (posttest). Untuk hasil uji-t diperoleh bahwa thitung 3.20 sedangkan ttabel 2.09. Hal ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat dibuktikan bahwa strategi Rotating Trio Exchange (RTE) berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
|
|
Contributor |
Lailatul Husna, Indayana Febriani Tanjung, Eka Khairani Hasibuan, Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
|
|
Date |
2022-03-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/9956
10.21580/bioeduca.v4i1.9956 |
|
Source |
Bioeduca : Journal of Biology Education; Vol 4, No 1 (2022): Bioeduca : Journal of Biology Education; 1 - 12
2715-7490 2714-8009 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/9956/3986
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Bioeduca : Journal of Biology Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|