Record Details

Pengaruh Strategi Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa

Bioeduca : Journal of Biology Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Strategi Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa
 
Creator Husna, Lailatul
Tanjung, Indayana Febriani
Hasibuan, Eka Khairani
 
Subject Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Strategi Rotating Trio Exchange
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan berbentuk non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pretest-posttest dan lembar observasi. Dalam penelitian ini diketahui bahwa terdapat pengaruh strategi Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap aktivitas yang dibuktikan dengan rata-rata nilai persentase aktivitas belajar siswa dalam kategori baik. Sedangkan dikelas kontrol rata-rata nilai persentase aktivitas belajar siswa dalam kategori cukup. Adapun hasil belajar yang diperoleh sebesar 55.95 (pretest) dan 90.00 (posttest) untuk kelas eksperimen dan rata-rata hasil belajar dikelas kontrol yaitu 53.33 (pretest) dan 84.76 (posttest). Untuk hasil uji-t diperoleh bahwa thitung 3.20 sedangkan ttabel 2.09. Hal ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat dibuktikan bahwa strategi Rotating Trio Exchange (RTE) berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa.
 
Publisher Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor Lailatul Husna, Indayana Febriani Tanjung, Eka Khairani Hasibuan, Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
 
Date 2022-03-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/9956
10.21580/bioeduca.v4i1.9956
 
Source Bioeduca : Journal of Biology Education; Vol 4, No 1 (2022): Bioeduca : Journal of Biology Education; 1 - 12
2715-7490
2714-8009
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/9956/3986
 
Rights Copyright (c) 2022 Bioeduca : Journal of Biology Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0