Record Details

Pola Tipe Model dalam Lembar Kerja Siswa (LKS) MGMP Biologi SMA

Bioeduca : Journal of Biology Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pola Tipe Model dalam Lembar Kerja Siswa (LKS) MGMP Biologi SMA
 
Creator Kusumaningrum, Mira Esti
Roshayanti, Fenny
Minarti, Ipah Budi
 
Subject faktual; konseptual; model; prosedural; tipe
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola tipe model dalam Lembar Kerja Siswa (LKS) MGMP Biologi Kelas XI SMA Negeri di Kota Semarang. Indikator tipe model merupakan data utama penelitian yang terdiri atas model skala, model pedagogik analogik, model ikonik dan simbolik, model matematik, model teoritik, model proses (maps, diagram, tabel, dan model konsep-proses), dan simulasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang diperoleh berupa dokumentasi kumpulan gambar atau tabel dari LKS semester 1 dan 2 berjumlah 130 data dengan 137 analisis tipe model. Tipe model skala sebanyak 65 atau 50%, konsep-proses berjumlah 40, maps, diagram, dan tabel berjumlah 24, ikonik dan simbolik berjumlah 5, pedagogik dan analogik, teoritik, serta simulasi masing-masing 1. Hasil penelitian juga menunjukkan tidak ditemukannya tipe model matematik. Hasil analisis pola tipe model dalam LKS MGMP Biologi Kelas XI, selaras dengan ciri-ciri Ilmu Biologi, serta selaras dengan karakteristik jenis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural.
 
Publisher Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2021-03-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/6617
10.21580/bioeduca.v3i1.6617
 
Source Bioeduca : Journal of Biology Education; Vol 3, No 1 (2021): Bioeduca : Journal of Biology Education; 10 - 19
2715-7490
2714-8009
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/6617/3214
 
Rights Copyright (c) 2021 Bioeduca : Journal of Biology Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0