Pola Tipe Model dalam Lembar Kerja Siswa (LKS) MGMP Biologi SMA
Bioeduca : Journal of Biology Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pola Tipe Model dalam Lembar Kerja Siswa (LKS) MGMP Biologi SMA
|
|
Creator |
Kusumaningrum, Mira Esti
Roshayanti, Fenny Minarti, Ipah Budi |
|
Subject |
faktual; konseptual; model; prosedural; tipe
|
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola tipe model dalam Lembar Kerja Siswa (LKS) MGMP Biologi Kelas XI SMA Negeri di Kota Semarang. Indikator tipe model merupakan data utama penelitian yang terdiri atas model skala, model pedagogik analogik, model ikonik dan simbolik, model matematik, model teoritik, model proses (maps, diagram, tabel, dan model konsep-proses), dan simulasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang diperoleh berupa dokumentasi kumpulan gambar atau tabel dari LKS semester 1 dan 2 berjumlah 130 data dengan 137 analisis tipe model. Tipe model skala sebanyak 65 atau 50%, konsep-proses berjumlah 40, maps, diagram, dan tabel berjumlah 24, ikonik dan simbolik berjumlah 5, pedagogik dan analogik, teoritik, serta simulasi masing-masing 1. Hasil penelitian juga menunjukkan tidak ditemukannya tipe model matematik. Hasil analisis pola tipe model dalam LKS MGMP Biologi Kelas XI, selaras dengan ciri-ciri Ilmu Biologi, serta selaras dengan karakteristik jenis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-03-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/6617
10.21580/bioeduca.v3i1.6617 |
|
Source |
Bioeduca : Journal of Biology Education; Vol 3, No 1 (2021): Bioeduca : Journal of Biology Education; 10 - 19
2715-7490 2714-8009 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/6617/3214
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Bioeduca : Journal of Biology Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|