Pengaruh Penggunaan Media Pengajaran Visual Pada Setting Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Rahmatul Asri Enrekang.
Bioeduca : Journal of Biology Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengaruh Penggunaan Media Pengajaran Visual Pada Setting Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Rahmatul Asri Enrekang.
|
|
Creator |
Nawawi, Mursalim
Jumriani, Sitti |
|
Subject |
Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif; STAD
|
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran aktivitas dan hasil belajar dengan menggunakan media pengajaran visual model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Data aktivitas belajar menggunakan tabel pengamatan aktivitas kooperatif awal, menengah, dan tingkat mahir. Sedangkan data hasil belajar berupa pengetahuan, diperoleh dengan tes hasil belajar dalam bentuk instrumen soal ujian yang hasilnya dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di kelas eksprimen, aktivitas belajar terjadi peningkatan yang cukup baik dan bersemangat belajar pada tiap pertemuan, sedangkan kelas kontrol aktivitasnya terlihat fluktuatif, kadang terjadi peningkatan, kadang pula terjadi penurunan aktivitas belajar. Begitupun dari segi hasil belajar, siswa dikelas eksprimen, hasil belajarnya lebih baik daripada hasil belajar siswa di kelas kontrol. Penggunaan media pengajaran visual pada setting model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar yang terjadi secara terus menerus akan meningkatkan hasil belajar dengan sendirinya.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
|
|
Contributor |
SMA Rahmatul Asri Kabupaten Enrekang
|
|
Date |
2022-03-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/10796
10.21580/bioeduca.v4i1.10796 |
|
Source |
Bioeduca : Journal of Biology Education; Vol 4, No 1 (2022): Bioeduca : Journal of Biology Education; 13 - 23
2715-7490 2714-8009 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/10796/3987
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/downloadSuppFile/10796/2157 https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/downloadSuppFile/10796/2158 |
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Bioeduca : Journal of Biology Education
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|