Record Details

Pengaruh Penggunaan Media Pengajaran Visual Pada Setting Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Rahmatul Asri Enrekang.

Bioeduca : Journal of Biology Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Penggunaan Media Pengajaran Visual Pada Setting Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Rahmatul Asri Enrekang.
 
Creator Nawawi, Mursalim
Jumriani, Sitti
 
Subject Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif; STAD
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran aktivitas dan hasil belajar dengan menggunakan media pengajaran visual model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Data aktivitas belajar menggunakan tabel pengamatan aktivitas kooperatif awal, menengah, dan tingkat mahir. Sedangkan data hasil belajar berupa pengetahuan, diperoleh dengan tes hasil belajar dalam bentuk  instrumen soal ujian yang hasilnya dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di kelas eksprimen, aktivitas belajar terjadi peningkatan yang cukup baik dan bersemangat belajar  pada tiap pertemuan, sedangkan kelas kontrol aktivitasnya terlihat fluktuatif, kadang  terjadi peningkatan, kadang pula terjadi penurunan aktivitas belajar. Begitupun dari segi hasil belajar, siswa dikelas eksprimen, hasil belajarnya lebih baik  daripada hasil belajar siswa di kelas kontrol. Penggunaan media pengajaran visual pada setting model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar yang terjadi secara terus menerus akan meningkatkan hasil belajar dengan sendirinya.
 
Publisher Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor SMA Rahmatul Asri Kabupaten Enrekang
 
Date 2022-03-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/10796
10.21580/bioeduca.v4i1.10796
 
Source Bioeduca : Journal of Biology Education; Vol 4, No 1 (2022): Bioeduca : Journal of Biology Education; 13 - 23
2715-7490
2714-8009
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/10796/3987
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/downloadSuppFile/10796/2157
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/downloadSuppFile/10796/2158
 
Rights Copyright (c) 2022 Bioeduca : Journal of Biology Education
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0