Record Details

Analisis Kemandirian Belajar Biologi Siswa MAN Pada Masa Pandemi

Bioeduca : Journal of Biology Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Kemandirian Belajar Biologi Siswa MAN Pada Masa Pandemi
 
Creator Ulfatun Muyasaroh, Ulfatun
Rofiā€™ah, Ndzani Latifatur
 
Subject kemandirian belajar; pembelajaran biologi; pembelajaran daring
 
Description Covid-19 berpengaruh terhadap aspek pendidikan, pembelajaran yang semula tatap muka berubah menjadi pembelajaran daring. Guru menjelaskan materi pembelajaran secara online, sehingga siswa harus lebih mandiri dalam memahami materi dan menyelesaikan tugas. Penelitian ini bertujuan menganalisis kemandirian belajar siswa pada pembelajaran daring. Jenis penelitiaan ini kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Instrumen pengumpulan data berbentuk angket skala likert yang disebar melalui google form. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan jenis simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kemandirian belajar terdapat enam indikator, yaitu tujuan belajar (74,48 %), strategi belajar (75,62 %), manajemen waktu (79,34 %), lingkungan (84,43 %), pencarian bantuan (77,34 %), dan evaluasi diri (74,85 %). Tingkat kemandirian belajar siswa pada pembelajaran daring dikategorikan tinggi.
 
Publisher Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2021-09-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/8565
10.21580/bioeduca.v3i2.8565
 
Source Bioeduca : Journal of Biology Education; Vol 3, No 2 (2021): Bioeduca : Journal of Biology Education; 91-98
2715-7490
2714-8009
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/8565/3665
 
Rights Copyright (c) 2021 Bioeduca : Journal of Biology Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0