Record Details

Pengembangan Four-Tier Multiple Choice Diagnostic Test untuk Mendeteksi Pemahaman Konsep Kognitif Materi Katabolisme pada Peserta Didik XIII SMA/MA

Bioeduca : Journal of Biology Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengembangan Four-Tier Multiple Choice Diagnostic Test untuk Mendeteksi Pemahaman Konsep Kognitif Materi Katabolisme pada Peserta Didik XIII SMA/MA
 
Creator Salamah, Umi
Khasanah, Nur
Hayati, Nur
 
Subject four-tier multiple choice diagnostic test; pemahaman konsep kognitif; miskonsepsi; katabolisme
 
Description Penelitian ini bertujuan mengembangkan tes untuk mendeteksi miskonsepsi pada materi katabolisme. Pengembangan produk mengikuti Borg and Gall sampai tahap ke-7. Subjek uji coba adalah siswa MAN 2 Semarang. Data diambil melalui wawancara, tes, pengisian angket, dan dokumentasi. Analisis produk secara kualitatif oleh validator ahli. Secara kuantitatif dengan menghitung nilai validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, keberfungsian pengecoh, analisis miskonsepsi, dan interpretasi hasil. Instrumen yang dihasilkan dinyatakan valid. Reliabilitas butir soal yang dikembangkan masuk kategori tinggi yaitu sebesar 0,894. Sebanyak 37 butir soal dihasilkan terdiri dari 4 butir soal mudah, 24 butir soal sedang, dan 9 butir soal susah. Butir soal memiliki daya beda dengan kategori  4 butir soal cukup baik dan 33 butir soal baik. Sebanyak 18 indikator soal ditemukan terjadi miskonsepsi. Miskonsepsi tertinggi pada konsep analisis peran enzim sedangkan terendah pada konsep analisis peran ATP dan perubahan molekul saat transpor elektron dan fosforilasi oksidatif
 
Publisher Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2020-07-06
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/5997
10.21580/bioeduca.v2i1.5997
 
Source Bioeduca : Journal of Biology Education; Vol 2, No 1 (2020): Bioeduca : Journal of Biology Education; 28 - 39
2715-7490
2714-8009
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/5997/2708
 
Rights Copyright (c) 2020 Bioeduca : Journal of Biology Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0