Record Details

Analisis Kritis Pemikiran Pendidikan Progresif Abdurrahman Wahid

Journal of Islamic Studies and Humanities

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Kritis Pemikiran Pendidikan Progresif Abdurrahman Wahid
 
Creator Asiyah, Nur
 
Subject Pendidikan Islam; Multikulturalisme; Pesantren; Gus Dur
 
Description Ada dua pemaknaan ketika memperbincangkan pendidikan, pertama, pendidikan adalah memanusiakan manusia dan kedua, pendidikan adalah transfer budaya. Pendidikan Islam adalah pendidikan yang membebaskan manusia untuk mengembangkan potensi yang dimiliki sesuai dengan fitrahnya. Pendidikan Islam juga harus mampu menjembatani berbagai keragaman yang ada pada masyarakat Indonesia yaitu dengan pendidikan berbasis multikulturalisme. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosio kultural. Menurut Abdurrahman Wahid, pendidikan Islam harus mampu memadukan sesuatu yang tradisional dan modern dengan tidak melupakan ajaran Islam. Pemikiran Gus Dur tentang pendidikan Islam sering disebut dengan neomodernisme, yaitu suatu gerakanprogresif dalam pemikiran Islam yang tidak hanya timbul dari modernisme Islam, tetapi juga tertarik pada pengetahuan tradisional.
 
Publisher UIN Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2021-06-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/JISH/article/view/8147
10.21580/jish.v6i1.8147
 
Source Journal of Islamic Studies and Humanities; Vol 6, No 1 (2021): Journal of Islamic Studies and Humanities; 32-43
2527-838X
2527-8401
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/JISH/article/view/8147/pdf
 
Rights Copyright (c) 2021 Journal of Islamic Studies and Humanities