Record Details

THE EFFECT OF USING AUTHENTIC MATERIALS ON THE STUDENTS’ READING COMPREHENSION OF DIFFERENT MOTIVATION

Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan dan Hukum Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title THE EFFECT OF USING AUTHENTIC MATERIALS ON THE STUDENTS’ READING COMPREHENSION OF DIFFERENT MOTIVATION
 
Creator Yusroh, Mufidah
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh
pada penggunaan materi otentik pada pemahaman membaca
siswa yang memiliki motivasi berbeda. Penelitiana ini
menggunakan desain eksperimen semu dengan factorial 2 x 2
dan hanya grup control saja. Populasi pada penelitian ini terdiri
dari semua anak sekolah menengah ke atas pada kelas
sepuluh. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X IPA 1 dan X
IPA 4 yang diambil dengan menggunakan sampling kelompok
tidak random. Instrument yang digunakan adalah tes
pemahaman membaca dan kuesioner. Data pada penelitian ini
dianalisis menggunakan Two–Way ANOVA dan Post Hock
untuk mengetahui perbedaan yang signifikan diantara variabel
pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian
menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan pada pemahaman
membaca antara siswa yang diajar menggunakan materi otentik
dan siswa yang diajar menggunakan materi tidak otentik.
Selanjutnya, tidak ada perbedaan yang signifikan pada
pemahaman membaca siswa antara siswa yang memiliki
motivasi intrinsic dan siswa yang memiliki motivasi ekstrinsik.
Akan tetapi, ada interaksi antara pemahaman membaca, materi
otentik, dan motivasi siswa.
 
Publisher LPPM IAI IBRAHIMY GENTENG BANYUWANGI
 
Date 2016-04-02
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/view/1061
 
Source Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan dan Hukum Islam; Vol 14 No 1 (2016): (APRIL 2016); 12-24
2540-7783
1693-0576
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/view/1061/725