Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Kemandirian Dan Kematangan Sosial Anak Pra Sekolah
Oksitosin : Jurnal Ilmiah Kebidanan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Kemandirian Dan Kematangan Sosial Anak Pra Sekolah
|
|
Creator |
Hidayati, Tutik
Sary, Yessy Nur Endah Hanifah, Iis |
|
Subject |
Gadget
Kemandirian Kematangan Sosial Anak Pra Sekolah |
|
Description |
Child development can be done with environmental habits and the provision of stimulation to pre-school children. The use of gagdet has a large impact, both good and bad for everyone, especially for preschoolers with technological developments at this time. Preschool children with developmental disorders were 85,779 (62.02%). Besides pre-school children also experience emotional problems that have a negative impact on the development and readiness to go to school around 9.5% - 14.2% of children aged between zero to five years. The purpose of this study was to analyze the Relationship between the Use of Gadgets and the Independence and Social Maturity of Children in Putra Bangsa Kindergarten, Gading District. The research design used was cross sectional. Data collection used in this study using a questionnaire. Spearman Rank test results between the use of gagdet with independence and social maturity obtained p value 0,000 <α 0.05, then ha is accepted so that there is a relationship between the use of gagdet with independence and social maturity. has a value of 4.668 which means that independence has a 4,668 chance to change. While the social maturity variable in multiple logistic regression has an Exp (B) value of 2.545, from these results it can be explained that social maturity has an opportunity to increase by 2.545 times.. Keywords: Gadgets, Independence, Social Maturity, Preschool Children ABSTRAK Perkembangan anak dapat dilakukan dengan kebiasaan lingkungan dan pemberian stimulasi pada anak pra sekolah. Penggunaan gagdet mempunyai dampak yang besar, baik dampak baik maupun buruk untuk semua orang, terutama bagi anak pra sekolah dengan perkembangan teknologi pada saat ini. Anak pra sekolah dengan gangguan perkembangan sebanyak 85.779 (62,02%). Selain itu anak pra sekolah juga mengalami masalah emosional yang berdampak negatif pada perkembangan dan kesiapan untuk bersekolah sekitar 9,5% - 14,2% anak berusia antara nol sampai lima tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Kemandirian Dan Kematangan Sosial Anak di TK Putra Bangsa Kecamatan Gading. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Hasil uji Spearman Rank antara penggunaan gagdet dengan kemandirian dan kematangan sosial diperoleh nilai p value 0,000 < α 0,05, maka ha diterima sehingga ada hubungan antara penggunaan gagdet dengan kemandirian dan kematangan sosial.. Besarnya nilai Exp (B) pada analisis regresi logistik kemandirian memiliki nilai 4,668 yang berarti bahwa kemandirian memiliki peluang 4,668 kali untuk berubah. Sedangkan variabel kematangan sosial pada regresi logistik berganda memiliki nilai Exp (B) sebesar 2,545, dari hasil tersebut dapat dijelaskan bahwa kematangan sosial memiliki peluang meningkat 2,545kali. Kata kunci: Gadget, Kemandirian, Kematangan Sosial, Anak Pra Sekolah. |
|
Publisher |
Prodi D III Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Ibrahimy
|
|
Date |
2019-08-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/oksitosin/article/view/493
10.35316/oksitosin.v6i2.493 |
|
Source |
Oksitosin : Jurnal Ilmiah Kebidanan; Vol. 6 No. 2 (2019): Oksitosin : Jurnal Ilmiah Kebidanan; 107-118
2597-6524 2354-9653 10.35316/oksitosin.v6i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/oksitosin/article/view/493/502
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Oksitosin : Jurnal Ilmiah Kebidanan
|
|