PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR
Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan dan Hukum Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR
|
|
Creator |
Wiarsih, Nur
|
|
Description |
Strategi pembelajaran berbasis proyek (PBL) merupakan strategi pembelajaran yang melibatka peserta didik dalam proses pembelejaran di kelas secara collaborative. PBL menekankan pengalaman belajar kontekstual yang dapat mendorong peserta didik memperoleh pengetahuan. Pengetahuan peserta didik tersebut dapat diperoleh melalui kegiatan bertanya, menyelesaikan masalah, mengeksplorasi minat, dan mengembangkan keterampilan yang dapat diaplikasikan pada kehidupan peserta didik di masa yang akan dating. PBL juga efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didk karena menawarkan berbagai pengalaman belajar. Strategi PBL sesuai dengnan teori perkembangan Piaget yang menghendaki anak didekatkan pada dunia yang lebih nyata (konkrit) dan teori Vigotsky yang menganggap interkasi sosial sebagai kunci pembelajaran. PBL diturunkan dari hasil riset dalam psikologi kognitif bahwa belajar adalah memahami konsep, berfikir kritis, menganalisis informasi, mengkomunikasikan ide, bekerja secara koperatif, mengembangkan pengetahuan, dan keterampilan secara sungguh-sungguh. Proyek sebagai produk dalam PBL secara harmonis bersama dengan praktik pengajaran tradisional dapat menjadi alat untuk menyediakan pengalaman belajar yang memotivasi peserta didik. PBL digunakan dalam pembelajaran dengan tujuan peserta didik termotivasi dan mengalami belajar, peserta didik mempunyai banyak kesempatan memperoleh dan menggunakan pengetahuan dan keterampilan baru dan mencapai kompetensi belajar, peserta didik mengaitkan tema pembelajaran dengan disiplin/bidang studi penting lain.
|
|
Publisher |
LPPM IAI IBRAHIMY GENTENG BANYUWANGI
|
|
Date |
2013-04-19
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/view/1111
|
|
Source |
Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan dan Hukum Islam; Vol 11 No 1 (2013): (APRIL 2013); 78-87
2540-7783 1693-0576 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/view/1111/774
|
|