pemimpin dalam perspektif total quality managemen
Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial
View Archive InfoField | Value | |
Title |
pemimpin dalam perspektif total quality managemen
|
|
Creator |
Yasin, Nurhadi Yasin
|
|
Subject |
kepemimpinan, total quality managemen
|
|
Description |
Lembaga pendidikan dapat dilihat dari peran serta kepala sekolah sebagai pemimpin (leadership). Arah kebijaka yang diambil berdampak pada kinerja seluruh elemen-elemen pendidikan. Sehingga totality dan kuality akan bisa dirasakan seluruh steak holder, dengan berorientasi dan tolok ukur pada kepuasan pelanggan (siswa dan wali murid). Pola kinerja kepala sekolah dapat dilihat dengan empat model yaitu; (1) Pemimpin Otokratis; (2) Pemimpin Pseudo-Demokratis; (3) Pemimpin Lasissez-Faire; (4) Pemimpin Demokratis. Dari empat model tersebut seorang pemimpin dipengaruhi relasi-relasi, baik itu kepada pemerintah, stake holder eksternal, stake holder internal dan lembaga-lembaga sejenis. Hasil dan kemampuan seorang pemimpin dikatakan berhasil apabila mampu memuaskan pelanggan (siswa dan wali murid).
|
|
Publisher |
Kopertais Wilayah X Jawa Tengah
|
|
Contributor |
dosen filsafat pendidikan di sekolah tinggi agama islam mulia astuti (STAIMAS) wonogiri
|
|
Date |
2020-09-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/wahana/article/view/3100
10.21580/wa.v6i1.3100 |
|
Source |
Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol 6, No 1 (2019): Vol. 6, No. 1, April 2019; 55-63
2527-3205 1829-6300 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/wahana/article/view/3100/pdf
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial
|
|