Record Details

PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PENINGKATAN KETRAMPILAN MENYIMAK CERITA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH

Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan dan Hukum Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PENINGKATAN KETRAMPILAN MENYIMAK CERITA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH
 
Creator Ikhsan, Moh Hayatul
 
Description penelitian mengkaji tentang pemanfaatan mediaaudio visual untuk meningkatkan keterampilan menyimakcerita. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menyimakcerita pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahul UlumBengkak Wongsorejo Banyuwangi. Variabel dalam penelitianini yaitu keterampilan menyimak cerita dan penggunaanmedia audio visual. Setiap siklus terdapat instrumen yangberwujud tes dan nontes. Instrumen tes berupa hasilketerampilan menyimak cerita, sedangkan instrumen nontesberupa hasil observasi, jurnal dan wawancara. Analisis datadilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian inimenggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiriatas dua siklus. Hasil analisis data penelitian menunjukanbahwa keterampilan menyimak cerita pada siklus I dan siklusII menunjukkan peningkatan nilai rata-rata kelas. Pada siklusI nilai rata-rata kelas 68,78, pada siklus II mengalamipeningkatan dari nilai rata-rata siklus I sebesar 13 poin atau16% dengan nilai rata-rata 81,82. Hasil observasi, jurnal danwawancara menunjukkan adanya perubahan perilaku siswake arah positif pada tiap siklus. Hal tersebut terlihat padakeaktifan siswa dan keantusiasan siswa dalam mengikutipembelajaran menyimak cerita melalui media audio visual.
 
Publisher LPPM IAI IBRAHIMY GENTENG BANYUWANGI
 
Date 2014-04-21
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/view/1096
 
Source Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan dan Hukum Islam; Vol 12 No 1 (2014): (April 2014); 27-42
2540-7783
1693-0576
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/view/1096/759