Record Details

STRATEGI PEMBELAJARAN KEEP ON LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title STRATEGI PEMBELAJARAN KEEP ON LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA
 
Creator Kamal, Faisal
 
Subject strategi pembelajaran; keep on learning; motivasi; hasil belajar
 
Description Kegiatan pembelajaran yang monoton dipandang sebagai problem utama pendidikan. Pentingnya penerapan strategi pembelajaran yang efektif untuk menjaga motivasi belajar, sebab menjadi penentu hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran keep on learning. Kajian ini merupakan penelitian classroom action research dengan menggunakan spiral model Kemmis McTaggart dengan mengikuti prosedur pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Pengumpulan data dengan pengamatan dan tes, divalidasi dengan teknik expert judgement dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran keep on learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa, yang berimplikasi adanya perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran mahasiswa dalam mata kuliah sejarah pendidikan Islam.
 
Publisher Kopertais Wilayah X Jawa Tengah
 
Contributor
 
Date 2021-05-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/wahana/article/view/7794
10.21580/wa.v8i1.7794
 
Source Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol 8, No 1 (2021): Vol. 8, No. 1, April 2021; 21-31
2527-3205
1829-6300
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/wahana/article/view/7794/pdf
 
Rights Copyright (c) 2021 Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial