Record Details

PENCIPTAAN LEARNING ENVIRONMENT Dl SEKOLAH DASAR (Implikasi Penerapan Pendekatan Tematik Integrate Dan Pendidikan Inklusi)

Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan dan Hukum Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENCIPTAAN LEARNING ENVIRONMENT Dl SEKOLAH DASAR (Implikasi Penerapan Pendekatan Tematik Integrate Dan Pendidikan Inklusi)
 
Creator ., Zidniyati
 
Description Learning environment atau lingkungan belajar menjadi salahsatu perangkat pembelajaran yang menentukan tercapaitidaknya sebuah tujuan pendidikan. Tujuan pendidikan nasionalIndonesia adalah menghasilkan generasi yang cakap danberakhlak mulia. Beberapa kali pemerintah Indonesiamelakukan perbaikan dalam kurikulum sekolah. Sesempurnaapapun sebuah kurikulum, namun jika penerapannya tidakdilakukan berdasarkan tujuan dasar dilaksanakannya satuanpendidikan dan tidak memperhatikan tugas-tugasperkembangan siswa, maka ekspektasi akan terwujudnyagenerasi yang madani pun mustahil dicapai. Penerapankurikulum 2013 di Indonesia yang mengusung polapembelajaran tematik integratif di jenjang sekolah dasar,kontekstual dan Terpadu di jenjang sekolah menengahpertama, dan Pembinaan Peminatan di jenjang sekolahmenengah atas berimplikasi pada beberapa hal, salah satunyaadalah pada penciptaan lingkungan belajar atau learningenvironment. Learning environment yang dimaksud dalamtulisan ini mencakup physical learning environment dan nonphysical learning environment. Tujuan tulisan ini adalah untukmenggambarkan learning environment yang seperti apa yangtepat untuk penerapan tematik integratif di kelas inklusi ditingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Untuk menentukanpenciptaan learning environment yang sesuai denganpenerapan pembelajaran tematik integratif dan pendidikaninklusi dalam kajian ini diacukan pada tiga konsep teori belajar,yakni behaviorism, cognitivism, dan constructivism. Masingmasing teori belajar tersebut menimbulkan respon yangberbeda dan khas dalam hal penciptaan learning environment.
 
Publisher LPPM IAI IBRAHIMY GENTENG BANYUWANGI
 
Date 2014-04-21
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/view/1100
 
Source Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan dan Hukum Islam; Vol 12 No 1 (2014): (April 2014); 80-96
2540-7783
1693-0576
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/view/1100/763