Record Details

IDENTIFIKASI PROBLEMATIKA DAN SOLUSI PEMBELAJARAN PAI DI MASA PANDEMI DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title IDENTIFIKASI PROBLEMATIKA DAN SOLUSI PEMBELAJARAN PAI DI MASA PANDEMI DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN
 
Creator Angelica, Devy Eka
Munawir, Munawir
 
Subject pembelajaran jarak jauh; pendidikan agama Islam; psikologi pendidikan
 
Description Pembelajaran daring/jarak jauh mulai marak diaplikasikan dalam pendidikan sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran virus COVID-19. Hal tersebut membawa situasi belajar yang baru bagi pendidikan sehingga memunculkan problematika namun di sisi lain juga melahirkan solusi untuk meredam atau mengatasinya. Salah satu mata pelajaran yang terkena dampak dari pembelajaran daring adalah Pendidikan Agama Islam (PAI) dan perlu segera diteliti karena peran dan urgensinya pada ketiga aspek utama pembelajaran, yakni afektif, kognitif, dan psikomotorik. Tujuan dari penelitian ini agar menyadarkan civitas pendidikan akan problematika pembelajaran PAI di masa pandemi dan membantu menanggulanginya dengan solusi menggunakan pendekatan psikologi pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus eksploratori serta metode pengambilan data berupa observasi kegiatan pembelajaran di masa pandemi; wawancara kepada murid, guru dan wali murid; dan dokumentasi. Data yang ditemukan kemudian dianalisis dengan pendekatan psikologi pendidikan agar tepat sasaran, mudah untuk diselidiki dan dianalisis. Hasil penelitian yang ditemukan adalah berbagai problematika pembelajaran PAI di masa pandemi yakni bentuk desain instruksional yang tidak sesuai, self-direction, motivasi belajar murid rendah, murid mengalami gejala psikologi somatis, dan kurangnya konsiderasi terhadap perbedaan individu. Penelitian ini juga menawarkan solusi dengan pendekatan psikologi pendidikan terkait problematika tersebut dengan cara pelatihan penyusunan desain instruksional bagi guru serta menerapkan berbagai teori psikologi pendidikan yaitu teori konstruksivis, psikologi positif, teori moral Kohlberg, dan teori kognitif sosial pada pembelajaran PAI
 
Publisher Kopertais Wilayah X Jawa Tengah
 
Contributor Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya
 
Date 2021-05-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/wahana/article/view/7421
10.21580/wa.v8i1.7421
 
Source Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol 8, No 1 (2021): Vol. 8, No. 1, April 2021; 1-20
2527-3205
1829-6300
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/wahana/article/view/7421/pdf
 
Rights Copyright (c) 2021 Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial