KUALITAS ANTENATAL CARE DENGAN KEPUASAN IBU HAMIL
Oksitosin : Jurnal Ilmiah Kebidanan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KUALITAS ANTENATAL CARE DENGAN KEPUASAN IBU HAMIL
|
|
Creator |
Hamidiyah, Azizatul
Hidayati, Nur |
|
Subject |
Quality
Antenatal Care Satisfaction |
|
Description |
One of the efforts to improve health of pregnant women is ensure that pregnant women routinely carry out antenatal care. The motivation of pregnant women to carry out routine pregnancy checks needs to be balanced with quality Antenatal Care (ANC) so that pregnant women are satisfied and motivated to make the next visit. The results of Banyuputih Public Health Center reported for the past three years showed that K4 visits have decreased. Especially in 2016 to 2017, from 106% to 68%. So it is important to do research quality of ANC with satisfaction. The purpose of this study was to determine the relationship between the quality of ANC services and the satisfaction of pregnant women in Banyuputih Public Health Center in Situbondo District in 2018. This research method was quantitative with cross sectional design. The population in this study were pregnant women who had performed ANC services at Banyuputih Health Center during 2018. The sample in this study were 61 people. Data collection was done using primary and secondary data. This research instrument was a questionnaire using a Likert scale. Data analysis was performed using chi square test. The results showed that there was a relationship between service quality, dimensions of Reliability (0,000), Responsiveness (0,007), Assurance (0,016), Emphaty (0,001) and Tangible (0,016) with patient satisfaction Keywords : Quality, Antenatal Care, Satisfaction ABSTRAK Salah satu upaya peningkatan derajat kesehatan ibu hamil adalah dengan memastikan ibu hamil rutin melakukan pemeriksaan kehamilan. Motivasi ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin perlu diimbangi dengan pelayanan Antenatal Care (ANC) yang berkualitas agar ibu hamil puas dan termotivasi untuk melakukan kunjungan berikutnya. Hasil laporan Puskesmas Banyuputih selama tiga tahun terakhir menunjukkan kunjungan K4 mengalami penurunan. Khususnya pada tahun 2016 ke 2017 yaitu dari 106% menjadi 68%. Sehingga penting dilakukan penelitian tentang kualitas pelayanan ANC dengan kepuasan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan ANC dengan kepuasan ibu hamil di Puskesmas Banyuputih Kabupaten Situbondo Tahun 2018. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain crosssectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil yang telah melakukan pelayanan ANC di Puskesmas Banyuputih selama tahun 2018. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 61 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan data primer dan sekunder. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner menggunakan skala likert. Analisi data dilakukan menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara kualitas pelayanan yaitu dimensi Reliability (0,000), Responsiveness (0,007), asssurance (0,016), Emphaty (0,001) dan Tangible (0,016) dengan kepuasan pasien. Kata kunci : Kualitas, Antenatal Care, Kepuasan |
|
Publisher |
Prodi D III Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Ibrahimy
|
|
Date |
2018-08-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/oksitosin/article/view/353
10.35316/oksitosin.v5i2.353 |
|
Source |
Oksitosin : Jurnal Ilmiah Kebidanan; Vol. 5 No. 2 (2018): Oksitosin : Jurnal Ilmiah Kebidanan; 119-125
2597-6524 2354-9653 10.35316/oksitosin.v5i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/oksitosin/article/view/353/342
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 OKSITOSIN : Jurnal Ilmiah Kebidanan
|
|