Record Details

MULTICULTURALISME EDUCATION DALAM PENGUATAN PAHAM MODERASI DI PONDOK PESANTREN

LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title MULTICULTURALISME EDUCATION DALAM PENGUATAN PAHAM MODERASI DI PONDOK PESANTREN
 
Creator Minhaji, Minhaji
Ilzam Dlaifi
Luluk Maktumah
 
Subject Multiculturalisme Education
Moderasi
Pesantren
 
Description Kajian tentang  pendidikan multikultural, kaitannya dengan penguatan paham moderasi di pesantren penting dilakukan, mengingat Pendidikan Islam di berbagai lembaga pendidikan ditengarai belum mencapai pada substansi penghayatan nilai keagamaan dan praktik keagamaan pluralis-multikultural. Fenomena tersebut sangat berpengaruh pada tumbuhnya sikap ekslusif dan fanatisme buta, bahkan cenderung “radikal” bagi anak didik. Sistem pendidikan integralistik, humanis, toleran dan moderat di negara kita, sebenarnya telah ada sejak dulu yaitu pondok pesantren.  Oleh karena itu, penelitian tentang pendidikan multikultural dalm penguatan paham moderasi dengan mengambil kasus yang terjadi di Ma’had Aly PPSS Situbondo ini penting dilakukan. Penelitian ini menghasilkan temuan, bahwa penerapan pendidikan multikultural dilakukan melalui dua cara, yaitu: Pertama internalisasi nilai, tahap additive level (penambahan)  dan tahap transformative level (perubahan). Kedua  pola transformasi dimensi nilai, meliputi: (1). Conten Integration  (integrasi budaya); (2). The Knowladge Construction Process (Konstruksi budaya dalam pengetahuan); (3) An equality of Pedagogment  (penyesuaian metode pembelajaran); (4). Culturally Sensitive Teaching Strategies; (interaksi  dalam  pengajaran);  dan (5).  Prejudice Reduction in Instructional.   
      
 
Publisher LP2M Universitas Ibrahimy
 
Date 2020-12-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/lisanalhal/article/view/1010
10.35316/lisanalhal.v14i2.1010
 
Source LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan; Vol. 14 No. 2 (2020): DESEMBER; 279-294
2502-3667
1693-3230
10.35316/lisanalhal.v14i2
 
Language eng
 
Relation https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/lisanalhal/article/view/1010/854
 
Rights Copyright (c) 2020 LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/