Record Details

Desain Pendidikan Akhlak di Sekolah Menengah Pertama 2 Jember

At- Ta'lim : Jurnal Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Desain Pendidikan Akhlak di Sekolah Menengah Pertama 2 Jember
 
Creator Royani, Ahmad
 
Description Munculnya counter productive dalam dunia pendidikan telah menyebabkan munculnya gejala-gejala di kalangan anak muda, bahkan orang tua, yang menunjukkan bahwa mereka mengabaikan nilai dan moral dalam tata krama pergaulan yang sangat diperlukan dalam suatu masyarakat yang beradab. Keprihatinan terhadap dekadensi moral ibarat sebilah pisau bermata dua. Jika mencari akar masalah pada orang lain pada hakikatnya akar masalah itu juga bermula dari diri sendiri sehingga menyalahkan orang lain berarti pula menyalahkan diri sendiri. Untuk itu perlu dicarikan solusi dan aksi pendidikan akhlak yang tepat. Penelitian mengenai “Model Pendidikan Akhlak Aplikatif-Integratif di SMPN 2 Jember” dilakukan berpijak dari keprihatinan tersebut. Hasil penelitian ini menujukan bahwa desain pendidikan akhlak aplikatif integratif di SMP Negeri 2 Jember dengan menerapkan empat model, pertama terintegrasi dengan kegiatan belajar mengajar (KBM). Kedua buadaya sekolah yang meliputi kegiatan rutin yang merupakan kegiatan sudah terprogam, kegiatan spontan, keteladanan dari tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, pengkondisian fisik maupun non-fisik. Ketiga kegiatan ekstra kurikuler yang merupakan kegiatan tambahan di SMPN 2 Jember. Keempat Kegiatan berbasis komonitas yang melibatkan orang tua dan masyarakat dalam pelaksanaan pendidikan akhlak aplikatif integratif.
Kata Kuci; Pendidikan, Akhlak, Sekolah
 
Publisher LP3M Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan
 
Date 2019-01-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.inzah.ac.id/index.php/attalim/article/view/61
10.36835/attalim.v5i1.61
 
Source At- Ta'lim : Jurnal Pendidikan; Vol 5 No 1 (2019): January; 1-16
2548-4419
2460-5360
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.inzah.ac.id/index.php/attalim/article/view/61/34
 
Rights Copyright (c) 2019 Ahmad Royani
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0