Record Details

Penerapan Concept Mapping dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA

Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Concept Mapping dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA
 
Creator rahmawati, sri hartati, atip nurharini, sri lathifah
 
Subject concept mapping;gambar; kualitas pembelajaran IPA
 
Description Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui concept mapping dengan media gambar pada siswa kelas VB SDN Sampangan 01 Semarang.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas terdiri dari tiga siklus.Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VB SDN Sampangan 01 Semarang.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik nontes dantes.Analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam setiap variabel dalam setiap siklusnya, setiap siklus terdirisatu pertemuan. Tingkat pencapaian keterampilan guru di siklus I adalah 55% dengan kategori cukup, siklus II sebesar 73%dengan kategori baik, dan siklus III sebesar 93% dengan kategori sangat baik. Tingkat pencapaian aktivitas siswa di siklus I adalah 45,45% dengan kategori cukup, siklus II sebesar 71,97%  dengankategori baik, dan siklus III sebesar 81,36% dengan kategori sangat baik. Tingkat pencapaian hasil belajar siswa di siklus I adalah 57,57%, siklus II sebesar 78,78%, dan siklus III sebesar 96,96%. Apabila dikaitkan dengan nilai KKM SDN Sampangan 01 Semarang sebesar 62, maka nilai rata-rata siklus I, II, dan III sudah mencapai KKM. Sedangkan perolehan ketuntasan klasikal yang mencapai indikator keberhasilan ≥80% terpenuhi pada siklus III. Simpulan penelitian ini yaitu concept mapping dengan media gambar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA kelasVB SDN Sampangan 01 Semarang.
 
Publisher Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2016-02-19
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/92
10.21580/phen.2015.5.1.92
 
Source Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan MIPA; 65-74
2502-5708
2088-7868
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/92/61
 
Rights Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0