Record Details

Pengembangan Instrumen Pengukuran Kompleksitas Soal Kontekstual Matematika

Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengembangan Instrumen Pengukuran Kompleksitas Soal Kontekstual Matematika
 
Creator Susilowati, Chatarina Citra
Komalasari, Veronica Yeshinta
 
Subject Pengembangan Instrumen; Kompleksitas Soal; Kontekstual
 
Description Kompleksitas soal-soal kontekstual matematika yang ada di Indonesia sampai saat ini belumada instrumen pengukurannya. Soal-soal kontekstual perlu dilakukan pengukuran supaya tepatdalam penggunaannya, seperti ketercapaian kompetensi dan memperkirakan waktu untukmengerjakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen pengukurankompleksitas soal kontekstual matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitianperancangan dan pengembangan. Subjek penelitian adalah beberapa mahasiswa calon gurumatematika semester tujuh dan tujuh siswa kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telahberhasil dirancang dan disusun instrumen pengukuran kompleksitas masalah kontekstualmatematika. Instrumen telah divalidasi oleh pakar untuk memperoleh umpan balik dalampenyempurnaannya. Ujicoba diawali dengan meminta beberapa mahasiswa calon gurumatematika semester tujuh mengisi instrumen pengukuran kompleksitas soal kontekstualmatematika, kemudian meminta ketujuh siswa kelas X mengerjakan soal yang diberikan. Darihasil ujicoba penggunaan instrumen terhadap subjek penelitian diperoleh hasil bahwa instrumendapat digunakan dengan baik dan dapat memberikan pengukuran yang baik akan kemampuanpemodelan matematis mahasiswa pendidikan matematika.
 
Publisher Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2018-01-22
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/1120
10.21580/phen.2017.7.2.1120
 
Source Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 7, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan MIPA; 99-109
2502-5708
2088-7868
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/1120/1527
 
Rights Copyright (c) 2018 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0