Model PBL Diperkaya dengan Reading and Concept Map: Apakah Efektif dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Minat Baca Siswa?
Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Model PBL Diperkaya dengan Reading and Concept Map: Apakah Efektif dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Minat Baca Siswa?
|
|
Creator |
Hotimah, Hosnol
Ramadani, Shefa Dwijayanti |
|
Subject |
Remap PBL, Keterampilan Berpikir Kritis, Minat Baca
|
|
Description |
Rendahnya keterampilan berpikir kritis dan minat baca siswa Indonesia menuntut para pendidik untuk menghadirkan alternatif pembelajaran dengan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan minat baca. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Remap PBL terhadap keterampilan berpikir kritis dan juga minat baca siswa. Peniltian dilaksanakan menggunakan quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent pretest posttest control group. Rubrik penilaian keterampilan berpikir kritis yang terintegrasi tes essai dan angket motivasi digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Hasil pengujian Anacova menunjukkan bahwa ada pengaruh Remap PBL terhadap keterampilan berpikir kritis (p = 0,000) dan minat baca siswa (p = 0,015). Hasil analisis juga menunjukkan keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas yang diajarkan Remap PBL meningkat sebesar 67,1%, sementara pada kelas yang menerapkan pembelajaran saintifik sebesar 47,7%. Demikian pula, Remap PBL terbukti mampu meningkatan minat baca siswa sebesar 9,8%, dibandingkan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran saintifik dengan peningkatan sebesar 5,9%. Dengan demikian, model pembelajaran Remap PBL dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan minat baca siswa.
|
|
Publisher |
Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-12-26
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/7524
10.21580/phen.2021.11.1.7524 |
|
Source |
Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 11, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan MIPA; 1-14
2502-5708 2088-7868 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/7524/3729
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|