Record Details

DIMENSI RASA INGIN TAHU SISWA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN ALAT PERGA PENJERNIHAN AIR

Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title DIMENSI RASA INGIN TAHU SISWA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN ALAT PERGA PENJERNIHAN AIR
 
Creator Ernawati Khumaedi Ani Rusilawati, Duwi Nuvitalia Siti Patonah
 
Subject Rasa Ingin Tahu, pendekatan saintifik, alat peraga penjernihan air
 
Description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dimensi Rasa Ingin Tahu siswa melalui pendekatan saintifik berbantuan alat peraga penjernihan air. Rasa ingin tahu merupakan salah satu dimensi dari sikap ilmiah yang terbagi menjadi beberapa indikator, diantaranya yaitu: antusias mencari jawaban, perhatian pada obyek yang diamati, antusias pada proyek sains dan menanyakan setiap langkah kegiatan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian mixed method yang menggunakan metode pengumpulan data secara kualitatif dan kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes, lembar observasi dan lembar angket. Kesimpulan yang diperoleh yaitu pembelajaran IPA melalui pendekatan saintifik berbantuan alat peraga penjernihan air dapat diketahui sikap ilmiah pada dimensi rasa ingin tahu siswa meningkat.
 
Publisher Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2016-10-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/1077
10.21580/phen.2016.6.2.1077
 
Source Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 6, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan MIPA; 10-17
2502-5708
2088-7868
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/1077/890
 
Rights Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0