PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS TRADISI SAINS ISLAM DI MADRASAH (GERAK BENDA MENURUT IBNU BAJJAH)
Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS TRADISI SAINS ISLAM DI MADRASAH (GERAK BENDA MENURUT IBNU BAJJAH)
|
|
Creator |
Alip, Dalilah Nur
|
|
Subject |
Kata kunci: Teori gerak, Madrasah, Sains Berprespektif Islam, Sumber belajar IPA
|
|
Description |
Jurnal Pendidikan Fisika Banyak karya dari ilmuwan muslim yang belum dimanfaatkan sebagai bahan ajar IPA di Madrasah, umumnya bahan ajar yang diberikan di Madrasah sama dengan bahan ajar yang diberikan di SMA. Penulisan ini bertujuan untuk mengungkap temuan ilmuwan muslim yang dapat digunakan sebagai bahan ajar IPA di Madrasah. Mtode pembahasan yang digunakan dalam tulisan ini adalah sejarah sains berperspektif islam dan metode pembelajaran sains demonstratif. Data dikumpulkan melalui kepustakaan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa teori gerak dari Ibnu bajjah yang mempengaruhi Galileo Galilei dapat di ajarkan di Madrasah Aliyah. Tujuannya untuk memperkaya wawasan murid tentang IPA berprespektif Islam.
|
|
Publisher |
Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
|
|
Contributor |
UIN Bandung
|
|
Date |
2018-01-22
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/1438
10.21580/phen.2017.7.2.1438 |
|
Source |
Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 7, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan MIPA; 164-173
2502-5708 2088-7868 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/1438/1531
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|