Record Details

PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS TRADISI SAINS ISLAM DI MADRASAH (GERAK BENDA MENURUT IBNU BAJJAH)

Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS TRADISI SAINS ISLAM DI MADRASAH (GERAK BENDA MENURUT IBNU BAJJAH)
 
Creator Alip, Dalilah Nur
 
Subject Kata kunci: Teori gerak, Madrasah, Sains Berprespektif Islam, Sumber belajar IPA
 
Description Jurnal Pendidikan Fisika Banyak karya dari ilmuwan muslim yang belum dimanfaatkan sebagai bahan ajar IPA di Madrasah, umumnya bahan ajar yang diberikan di Madrasah sama dengan bahan ajar yang diberikan di SMA. Penulisan ini bertujuan untuk mengungkap temuan ilmuwan muslim yang dapat digunakan sebagai bahan ajar IPA di Madrasah. Mtode pembahasan yang digunakan dalam tulisan ini adalah sejarah sains berperspektif islam dan metode pembelajaran sains demonstratif. Data dikumpulkan melalui kepustakaan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa teori gerak dari Ibnu bajjah yang mempengaruhi Galileo Galilei dapat di ajarkan di Madrasah Aliyah. Tujuannya untuk memperkaya wawasan murid tentang IPA berprespektif Islam. 
 
Publisher Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor UIN Bandung
 
Date 2018-01-22
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/1438
10.21580/phen.2017.7.2.1438
 
Source Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 7, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan MIPA; 164-173
2502-5708
2088-7868
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/1438/1531
 
Rights Copyright (c) 2018 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0