Record Details

PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI BELAJAR PQ4R BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT

Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI BELAJAR PQ4R BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT
 
Creator Sri Hartati, Hernnie Rahayu,
 
Subject IPA; kualitas; pembelajaran; powerpoint; PQ4R
 
Description Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui strategi belajar PQ4R dengan media powerpoint. Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam tiga siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa SD Tunas Harum Bangsa Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I mendapat skor 24 dengan kategori baik, pada siklus II mendapat skor 27 dengan kategori sangat baik, meningkat pada siklus III dengan skor 31 dengan kategori sangat baik, (2) aktivitas siswa pada siklus I mendapat skor 20,58 dengan kategori baik, pada siklus II mendapat skor 24,5 dengan kategori baik, meningkat menjadi 31,2 pada siklus III dengan kategori baik, (3) respon siswa pada siklus I sebesar 83,95% dengan kategori respon sangat positif, pada siklus II respon siswa sebesar 90,59%,  meningkat pada siklus III dengan respon 100% dengan kategori respon sangat positif, (4)  hasil belajar siswa pada siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebesar 57,1% dengan kategori kurang, siklus II mengalami ketuntasan klasikal sebesar 71,4% dengan kategori cukup, dan mengalami peningkatan pada siklus III menjadi 92,85% dengan kategori sangat baik dari jumlah siswa. Simpulan dalam penelitian ini adalah melalui strategi belajar PQ4R dengan media powerpoint dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar siswa.
 
Publisher Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2016-07-17
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/943
10.21580/phen.2016.6.1.943
 
Source Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 6, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan MIPA; 35-44
2502-5708
2088-7868
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/943/807
 
Rights Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0