ANALISA TINGKAT PEMAHAMAN DAN MISKONSEPSI PADA MATERI LISTRIK STATIS MAHASISWA TADRIS FISIKA MENGGUNAKAN METODE 3-TIER MULTIPLE CHOICES DIAGNOSTIC
Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
View Archive InfoField | Value | |
Title |
ANALISA TINGKAT PEMAHAMAN DAN MISKONSEPSI PADA MATERI LISTRIK STATIS MAHASISWA TADRIS FISIKA MENGGUNAKAN METODE 3-TIER MULTIPLE CHOICES DIAGNOSTIC
|
|
Creator |
Didik, Lalu A.
Aulia, Fitratul |
|
Subject |
Miskonsepsi, Listrik Statis, 3-Tier Multiple Choices Diagnostic
|
|
Description |
Telah dilakukan analisa tingkat pemahaman dan miskonsepsi mahasiswa tadris fisika Universitas Islam Negeri Mataram. Sub materi yang diuji disesuaikan dengan Rencana Pembelajaran Semester Mahasiswa pada Mata Kuliah Listrik Magnet yang mencakup Gaya Coulomb, Medan Listrik dan Potensial Listrik. Metode yang digunakan adalah 3-Tier Multiple Choices. Dalam metode ini ada tiga tahap jawaban mahasiswa yaitu jawaban konsep, alasan dan tingkat keyakinan. Berdasarkan hasil tes diagnostic terhadap mahasiswa diperoleh tingkat pemahaman penuh mahasiswa sebesar 42,92% dan tingkat miskonsepsi sebesar 23,61%. Mahasiswa mengalami miskonsepsi terbesar pada sub materi Medan listrik yaitu sebesar 37,50% dan terendah pada materi potensial listrik yaitu sebesar 10%. Walaupun persentase miskonsepsi tergolong kecil namun masih ada mahasiswa yang mengalami miskonsepsi pada setiap submateri.
|
|
Publisher |
Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
|
|
Contributor |
Universitas Islam Negeri Mataram
|
|
Date |
2019-09-25
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/2905
10.21580/phen.2019.9.1.2905 |
|
Source |
Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan MIPA; 99-111
2502-5708 2088-7868 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/2905/2127
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|