Record Details

ANALISA TINGKAT PEMAHAMAN DAN MISKONSEPSI PADA MATERI LISTRIK STATIS MAHASISWA TADRIS FISIKA MENGGUNAKAN METODE 3-TIER MULTIPLE CHOICES DIAGNOSTIC

Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISA TINGKAT PEMAHAMAN DAN MISKONSEPSI PADA MATERI LISTRIK STATIS MAHASISWA TADRIS FISIKA MENGGUNAKAN METODE 3-TIER MULTIPLE CHOICES DIAGNOSTIC
 
Creator Didik, Lalu A.
Aulia, Fitratul
 
Subject Miskonsepsi, Listrik Statis, 3-Tier Multiple Choices Diagnostic
 
Description Telah dilakukan analisa tingkat pemahaman dan miskonsepsi mahasiswa tadris fisika Universitas Islam Negeri Mataram. Sub materi yang diuji disesuaikan dengan Rencana Pembelajaran Semester Mahasiswa pada Mata Kuliah Listrik Magnet yang mencakup Gaya Coulomb, Medan Listrik dan Potensial Listrik. Metode yang digunakan adalah 3-Tier Multiple Choices. Dalam metode ini ada tiga tahap jawaban mahasiswa yaitu jawaban konsep, alasan dan tingkat keyakinan. Berdasarkan hasil tes diagnostic terhadap mahasiswa diperoleh tingkat pemahaman penuh mahasiswa sebesar 42,92% dan tingkat miskonsepsi sebesar 23,61%. Mahasiswa mengalami miskonsepsi terbesar pada sub materi Medan listrik yaitu sebesar 37,50% dan terendah pada materi potensial listrik yaitu sebesar 10%. Walaupun persentase miskonsepsi tergolong kecil namun masih ada mahasiswa yang mengalami miskonsepsi pada setiap submateri.
 
Publisher Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor Universitas Islam Negeri Mataram
 
Date 2019-09-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/2905
10.21580/phen.2019.9.1.2905
 
Source Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan MIPA; 99-111
2502-5708
2088-7868
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/2905/2127
 
Rights Copyright (c) 2019 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0